3 Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina Yang Masih Anakan

Untuk mendapatkan burung dengan kualitas terbaik, para kicau mania biasanya membagi jenis dan perkembangan burung. Hal ini dilakukan agar para pemilik bisa memberikan perawatan yang sesuai. Pembagian itu sebenarnya cukup sederhana, yaitu burung jantan atau betina dan anakan atau dewasa. Sebagai contoh burung cucak ijo. Namun, untuk membedakan burung cucak ijo jantan dan betina baik itu yang masih anakan atau yang dewasa adalah bukan hal yang mudah. Bagi para kicau mania pemula, cara membedakan cucak ijo jantan dan betina yang masih anakan adalah penting. 
Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena ternyata burung anakan yang telah dibeli adalah betina. Sementara di kelas burung cucak ijo, burung jantan adalah yang paling banyak digunakan untuk lomba. Untuk mengetahui perbedaan cucak ijo jantan dan betina yang masih anakan, bagi para pemula memang cukup susah. Diperlukan pengamatan yang jeli untuk membedakannya. Namun bagi para master yang memiliki jam terbang tinggi, membedakan cucak ijo jantan dan betina yang masih anakan memang terlihat mudah. 

Cara membedakan cucak ijo jantan dan betina yang masih anakan bisa dilihat dari fisiknya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk membedakan cucak ijo jenis jantan dan betina anakan.

  • Perbedaan Bagian Kepala

Cara membedakan cucak ijo jantan dan betina yang masih anakan yang pertama adalah melihat wilayah bagian kepala. Ada perbedaan antara anakan burung cucak ijo jantan dan betina. Dibagian sekitar mata anakan jantan, terdapat lingkaran seperti alis yang berwarna kuning cerah dan tegas. Sementara dianakan betina, warna kuning tersebut cenderung lebih pudar dan melebar. Ketika sudah dewasa, lingkaran ini lama-lama akan hilang karena rontok dan berubah menjadi hitam.

  • Perbedaan Bagian Bawah Paruh

Perbedaan cucak ijo anakan jantan dan betina selanjutnya adalah di bagian bawah paruh. Anakan cucak ijo jantan memiliki bagian bawah paruh dengan warna hitam pekat. Sementara anakan betina bagian bawah paruhnya berwarna hitam pudar mendekati abu-abu. Nantinya, ketika sudah beranjak dewasa, warna bagian bawah paruh burung akan berubah. Untuk yang jantan berubah menjadi abu-abu atau hitam pudar, sementara untuk yang betina warna bagian bawah paruh menjadi putih tulang.

  • Perbedaan Warna Leher

Yang paling mudah terlihat dari perbedaan anakan cucak ijo jantan dan betina adalah warna pada bagian leher. Pada anakan cucak ijo jantan, terdapat warna kuning cerah yang lama kelamaan berubah menjadi bintik-bintik kehitaman, dan ketika dewasa warnanya berubah hitam seutuhnya. Sementara untuk anakan cucak ijo betina, warna bagian leher adalah putih semakin lama warna putih menghilang dan ketika dewasa warna leher cucak ijo betina adalah hitam kehijauan mendekati warna utamanya.
Setelah mengetahui cara membedakan cucak ijo jantan dan betina yang masih anakan, yang dilakukan para kicau mania selanjutnya adalah memberikan perawatan yang sesuai. Setelah dirawat dan dilatih dengan baik, maka burung cucak ijo ketika sudah dewasa, khususnya yang jantan siap untuk diperlombakan. Bahkan, harga seekor burung cucak ijo jantan dewas yang sudah terlatih bisa mencapai jutaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel