3 Cara Membedakan Louhan Jantan dan Betina Yang Paling Mudah

Ikan Louhan termasuk salah satu ikan hias yang sampai saat ini masih banyak diminati dan harganya juga cukup tinggi. Hal ini dikarenakan ikan Louhan mempunyai ciri khas bentuk kepalanya yang jenong atau menonjol. Anda para pencinta ikan Louhan, sudah tahukah bagaimana cara membedakan Louhan jantan dan betina? Secara sekilas, ikan Louhan mempunyai bentuk yang sama sehingga cukup sulit untuk membedakan mana yang jantan dan yang betina. Namun tentu saja ada cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui jenis kelamin ikan Louhan.

anakan ikan louhan yang bagus,apakah louhan betina bisa jenong,artikel ciri louhan betina,ciri louhan betina akan bertelur,jual ikan louhan betina super,louhan bonsai betina,
Baca juga : Madu Asli dan Palsu

Cara membedakan Louhan jantan dan betina bisa dilakukan dengan 3 cara yang mudah, yaitu dengan mengamati bentuk fisik, alat kelamin, dan tingkah lakunya. Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasan lengkapnya:
  • Lihat bentuk fisiknya
Untuk membedakan ikan Louhan jantan dan betina cara yang paling mudah yaitu dengan melihat bentuk fisik dari ikan. Bentuk fisik yang paling menonjol pada ikan Louhan ini adalah jenong atau tonjolan pada kepalanya. Louhan betina jenong tidak selebar dan sebesar Louhan jantan. Hal ini dikarenakan ukuran badan Louhan betina secara umum jauh lebih kecil dibandingkan dengan Louhan jantan. Selain itu, pada Louhan betina juga mempunyai vent atau benjolan yang memanjang pada bagian perutnya.
  • Lihat alat kelaminnya
Cara yang paling mudah untuk membedakan antara ikan Louhan jantan dan betina adalah dengan melihat alat kelamin atau kloakanya. Bentuk kloaka antara ikan Louhan jantan dan betina tentu saja mempunyai perbedaan yang cukup mencolok. Untuk melihat kloaka atau alat kelamin ikan Louhan Anda bisa membalik ikan tersebut. Lihat pada bagian bawah badan ikan akan terdapat lubang kecil. Jika ikan Louhan Anda betina, maka bentuk lubang ini akan membulat, sedangkan jika jantan maka bentuknya akan memanjang dengan disertai benjolan kecil.
  • Perhatikan tingkah lakunya
Ciri ikan Louhan yang bagus baik jantan ataupun betina juga bisa dilihat dari tingkah lakunya. Untuk ikan Louhan yang bagus memang mempunyai ciri agresif dan lincah, namun perlu Anda ketahui bahwa ikan Louhan jantan akan lebih lincah dibandingkan dengan ikan Louhan betina. Untuk membedakan ikan Louhan dari tingkah lakunya ini memang cukup sulit, hal ini dikarenakan Anda harus mengamatinya dalam waktu yang tidak sebentar.
Dengan cara membedakan Louhan jantan dan betina diatas, maka Anda sekarang bisa memastikan jenis kelamin ikan Louhan yang Anda miliki. Keindahan ikan Louhan ini memang tidak terlalu bersinar seperti pada awal kemunculannya, namun ikan ini tetap menjadi salah satu ikan dengan bentuk terunik yang pernah ada. Bentuknya yang unik tentunya membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya. Nah, bagi Anda yang suka memelihara ikan Louhan, maka harus menjaga kebersihan akuarium agar ikan tidak mudah mati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel