3 Tips dan Cara Membedakan Cak Ijo Jantan dan Betina

Bagi pemula, cara membedakan cak ijo jantan dan betina memang sulit, namun bagi yang sudah berpengalaman atau lebih mengenal burung maka dengan mudah bisa membedakannya. Burung cak ijo mempunyai nama ilmiah yaitu Chloropsis sonnerati. Selain disebut dengan cak ijo, sebagian orang menyebut burung jenis ini dengan nama cica daun karena bulunya dominan dengan warha ijo seperti daun. Banyak orang yang menyukai burung cak ijo ini karena mempunyai warna bulu hijau yang menarik. 

ciri ciri cucak ijo jantan muda hutan,ciri ciri cucak ijo jantan yang belum nopeng,ciri cucak ijo jantan banyuwangi,ciri cucak ijo jantan umur 5 bulan,cucak ijo jantan umur 4 bulan,
Baca juga : Clear Dark Asli

Selain warnanya yang cantik, burung cak ijo mempunyai kicauan yang merdu. Biasanya yang sering gacor adalah cak ijo jantan, untuk itu Anda harus bisa membedakan cak ijo jantan dan betina. Lalu, bagaimana cara membedakan cucak ijo jantan dan betina? Berikut diantaranya.
  • Bagian kepala dan sekitarnya

Burung cucak ijo betina dan cucak ijo jantan umur 4 bulan memiliki perbedaan yang signifikan. Hal ini bisa Anda lihat pada sekitar mata. Untuk burung cucak ijo betina terdapat bulu alis yang melingakarinya dengan warna putih pudar dan warna di bagian matanya juga akan memudar lama kelamaan. Sedangkan untuk burung cucak ijo jantan di bagian bulu alis mata yang melingkarinya berwarna kuning tua dan akan rontok serta tumbuh lagi bulu dengan warna hitam mengkilap sampai bagian leher.
  • Bagian leher

Cara membedakan cak ijo jantan dan betina dilihat di bagian leher perbedaannya sangat mencolok dan jelas. Untuk burung cucak ijo jantan memiliki bulu warna kuning tua dibagian leher dan lama kelamaan akan rontok dan muncul warna totol hitam sampai dewasa akhir. Warna hitam tersebut akan semakin jelas saat burung cucak jantan tumbuh menjadi dewasa. Sedangkan untuk burung cak ijo betina mempunyai warna putih di bagian lehernya. Namun warna tersebut akan pudar menjelang dewasa dan warnanya hampir mirip dengan warna bulunya yaitu ijo.
  • Dilihat pada bagian paruh bawah dan tulang supit

Perbedaan yang jelas juga terlihat di bagian paruh bawah cucak ijo jantan dan cucak ijo betina. Untuk cucak ijo jantan, paruh dibagian bawah warnanya hitam dan lama kelamaan akan menjadi hitam pekat. Sedangkan untuk burung cucak ijo betina warna paruh dibagian bawah lama kelamaan akan menjadi warna putih tulang. Perbedaan suara cucak ijo jantan dan betina juga dilihat dari tulang supit. Burung cucak ijo jantan mempunyai tulang supit keras dan kaku, sedangkan untuk betina lebih lentur.
Baca Juga Cara Membedakan:
Memilih jenis kelamin burung cucak ijo memang penting dilakukan bagi yang ingin membeli burung cucak ijo. Sebenarnya dengan mendengar suaranya saja, Anda bisa membedakan mana burung cucak ijo jantan atau betina. Namun bagi pemula mungkin akan kesulitan, oleh karena itu ikutilah beberapa cara membedakan cak ijo jantan dan betina diatas untuk mengetahui perbedaan keduanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel