4 Cara Membedakan Anakan Cendet Jantan dan Betina Yang Berkualitas

Burung Cendet merupakan salah satu burung kicauan yang banyak digemari. Jenis burung ini mempunyai tubuh yang agak membulat sehingga terlihat kecil. Namun suara yang dihasilkan sangat merdu dan nyaring. Nah, bagi Anda yang ingin memelihara burung Cendet agar menghasilkan burung kicauan yang berkualitas maka harus memilih anakan Cendet yang berkualitas pula. Biasanya sebelum membeli anakan cendet Anda harus mengetahui bagaimana cara membedakan anakan cendet jantan dan betina. Hal ini dikarenakan kualitas suara burung Cendet betina dan jantan berbeda.
Untuk membedakan burung Cendet jantan dan betina yang masih anakan memang tidaklah mudah, hal ini dikarenakan burung Cendet anakan ini masih belum terlalu menonjol perbedaannya. Namun tenang saja, untuk Anda yang akan membeli burung Cendet anakan bisa menggunakan cara membedakan anakan cendet jantan dan betina berikut ini:
  • Lihat bentuk dan bulu pada kepalanya

Cara pertama untuk membedakan antara burung Cendet jantan dan betina yang masih anakan adalah dengan melihat bentuk kepala dan bulu yang ada dikepala burung. Ciri anakan Cendet kepala hitam mempunyai bentuk kepala yang lebih datar dan mempunyai bulu berwarna hitam pekat pada ujung kepala sampai dengan bagian tengkuk. Sedangkan burung Cendet betina bentuk kepalanya lebih bulat dengan warna bulu kepala yang agak kusam.
  • Lihat bentuk paruhnya

Anda juga bisa membedakan burung Cendet anakan jantan dan betina dengan melihat dan meraba paruhnya. Paruh burung Cendet jantan akan terasa lebih keras dan tebal, sedangkan untuk burung Cendet betina paruhnya tidak setebal burung Cendet jantan. Selain itu, bentuk paruh burung Cendet jantan lebih melengkung dibandingkan dengan burung Cendet betina.
  • Lihat bagian supitnya

Perbedaan burung Cendet jantan dan betina juga bisa dilihat dari bentuk supit dan warna bulu yang ada pada bagian supit burung. Bentuk supit burung Cendet jantan lebih kecil dengan bentuk yang memanjang. Sedangkan burung Cendet betina bentuknya lebih bulat dan pendek. Selain itu, warna bulu pada supit burung Cendet jantan sangat tidak beraturan sedangkan untuk betina warnanya teratur dan bagua.
  • Lihat ekornya

Cara yang paling mudah untuk membedakan antara burung Cendet jantan dan betina yang masih anakan adalah dengan melihat warna bulu pada ekornya. Ekor burung Cendet jantan mempunyai warna hitam sedangkan burung betina tidak. Selain itu, ekor burung Cendet jantan juga lebih panjang dibandingkan dengan burung Cendet betina.
Cara diatas juga bisa digunakan untuk melihat perbedaan Cendet jantan dan betina dewasa. Pada saat sudah dewasa, perbedaan antara burung Cendet jantan dan betina akan tampak lebih jelas. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda dalam memilih burung ini. Walaupun pada saat dewasa lebih mudah dibedakan, namun dengan cara membedakan anakan cendet jantan dan betina ini Anda bisa membedakan burung Cendet jantan dan betina sejak asih anakan.