4 Cara Membedakan Asam Kuat dan Asam Lemah yang Paling Mudah

Asam merupakan salah satu zat kimia yang sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan sifatnya asam dibedakan menjadi dua jenis yaitu asam kuat dan asam lemah. Keduanya mempunyai perbedaan yang tidak mudah dikenali. Oleh karena itu, dalam pembahasan kali ini akan dijelaskan bagaimana cara membedakan asam kuat dan asam lemah yang paling mudah. Dengan cara ini diharapkan Anda bisa membedakan mana saja golongan zat asam yang termasuk asam kuat dan mana saja golongan asam yang termasuk asam lemah.

jelaskan yang dimaksud dengan indikator asam basa,jika asam cuka dilarutkan dalam air sebutkan komponen komponen yang terdapat dalam larutan tersebut,pengertian asam kuat dan asam lemah,
Baca juga : Beo Jantan

Cara membedakan asam kuat dan asam lemah ini bisa dilakukan dengan 4 cara yang sangat mudah. Adapun keempat cara tersebut yaitu:
  • Tingkat kelarutan

Cara membedakan asam yang bersifat kuat dan lemah bisa melihat tingkat kelarutan zat. Semakin tinggi asam yang ada di dalamnya maka zat akan semakin cair. Tingkat kelarutan ini juga bisa digunakan untuk melihat perbedaan basa kuat dan basa lemah.
  • Kemampuan mengionisasi

Untuk membedakan asam kuat dan asam lemah juga bisa melihat dari tingkat ionisasi yang dilakukan. Asam kuat tidak mampu untuk mengionisasi secara sempurna atau tingkat ionisasinya lemah. Namun untuk asam lemah tingkat ionisasinya tinggi.
  • Hasil ion H+ yang dihasilkan

Cara membedakan asa kuat dan asam lemah juga bisa dilihat dari H+ yang dihasilkan pada saat ionisasi. Semakin banyak H+ yang dihasilkan maka asam akan semakin lemah.
  • Kadar Ka yang ada didalamnya

Banyak muncul pertanyaan jelaskan yang dimaksud dengan indikator asam basa. Nah, salah satu indikatornya adalah kadar Ka yang ada didalam zat. Kadar Ka ini juga bisa digunakan untuk membedakan asam lemah dan asam kuat.
  • Contoh Zat Asam Kuat dan Asam Lemah
Selain dengan menggunakan 4 cara membedakan asam kuat dan asam lemah diatas, Anda juga bisa langsung membedakan asam kuat dan asam lemah berdasarkan jenis zatnya. Berikut ini akan diberikan beberapa contoh zat yang masuk dalam golongan asam kuat dan asam lemah.
  • Contoh asam kuat

Zat yang termasuk dalam golongan asam kuat diantaranya yaitu HClO4, HI, HCl, HNO3, dan H2SO4. Semua jenis zat ini mempunyai sifat asam yang sangat kuat, hal ini dikarenakan kandungan Ka yang ada di dalamnya cukup tinggi.
  • Contoh asam lemah

Contoh zat asam yang masuk dalam golongan asam lemah diantaranya yaitu HF, CH3COOH, HClO, dan HCN. Zat ini termasuk dalam asam lemah karena mempunyai kandungan Ka yang sangat lemah didalamnya.
Baca Juga Cara Membedakan:
Cukup jelas bukan, apa saja contoh dan bagaimana cara membedakan asam kuat dan asam lemah? Dengan penjelasan diatas Anda bisa langsung menggolongkan zat disekitar Anda apakah termasuk dalam zat asam kuat atau zat asam lemah. Selain zat asam, dalam kehidupan sehari-hari juga sering kita temukan zat yang bersifat basa. Perbedaan basa kuat dan basa lemah bisa diidentifikasikan dengan cara yang hampir sama untuk membedakan asam kuat dan asam lemah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel