Rabu, 28 Desember 2016

4 Cara Membedakan Emas Putih Asli dan Palsu Dengan Mudah

Emas identik dengan warna kuning keemasan sehingga jarang yang mengetahui bahwa kini terdapat juga emas berwarna putih. Lalu, bagaimana jika emas tersebut berwarna putih, apakah kita bisa membedakannya? Mungkin banyak orang yang belum mengetahui cara membedakan emas putih asli dan palsu. Seperti yang kita ketahui, emas adalah salah satu investasi yang menguntungkan, sebab harga emas selalu turun naik menjadi sangat mahal. Bagi Anda yang berinvestasi emas, hukumnya wajib untuk mengetahui cara membedakan emas asli dan palsu. 
Hal ini karena nilai jualnya sangat tinggi banyak oknum yang memalsukan emas. Nah, agar Anda terhindar dari penipuan emas ini, berikut telah kami rangkumkan sejumlah tips dan triknya untuk membedakan emas putih asli dan palsu.
  • Melihat ciri fisiknya

Cara membedakan emas putih dan besi putih yang pertama dilihat dari ciri fisikya. Pada umumnya emas asli mempunyai tanda cap atau tulisan yang mencirikan kadar dari emas tersebut. Cara membedakan emas asli kuningan dan putih dapat dilakukan dengan cara ini sebab cara inilah yang paling mudah. Perlu Anda tahu, untuk melihat tulisan kadar emas ini, Anda harus menggunakan kaca pembesar sebab tulisannya sangat kecil. Pada emas batangan pun juga terdapat kadar keemasannya dengan tulisan lebih besar dibandingkan dengan emas dalam bentuk perhiasan.
  • Menggoreskannya dengan kertas atau keramik

Cara membedakan emas putih asli dan palsu yang kedua adalah dengan menggoreskannya di kertas atau keramik. Akan tetapi, cara ini sangat beresiko emas putih akan tergores. Meskipun begitu, cara membedakan emas asli dan palsu menggunakan cara ini sangat mudah, sebab Anda tinggal menggoreskannya pada kertas atau keramik rumah Anda. Apabila di bagian kertas atau lantai dijumpai noda hitam, maka emas yang Anda punya adalah palsu. Kertas yang bisa digunakan untuk ini tidak harus menggunakan kertas yang bagus.
  • Menggigit emas

Cara membedakan emas asli atau palsu yang ke tiga dapat dilakukan dengan menggigit emas tersebut. Meskipun cara ini sangat mudah, namun berisiko gigi Anda menjadi rusak dan emas yang digigit dapat mempunyai bekas gigitan. Perlu Anda ketahui, cara membedakan emas putih dan perak dengan cara digigit merupakan cara yang paling efektif karena Anda dapat langsung melihat emas tersebut asli atau palsu. Emas putih yang asli, ketika digigit akan meninggalkan bekas gigitan dan untuk emas palsu tidak ada bekas gigitannya.
  • Uji kemagnetan

Cara membedakan emas putih dan palsu yang terakhir menggunakan uji kandungan magnet yang terkandung dalam emas. Uji kemagnetan ini merupakan salah satu cara yang kurang efektif dilakukan untuk menilai apakah emas putih tersebut asli atau palsu. Sebab emas tidak memiliki kandungan logam yang cukup banyak sehingga apabila didekatkan dengan magnet, maka tidak bisa langsung tertarik. Uji kemagnetan ini merupakan uji yang tidak disarankan.
Nah, itulah beberapa cara yang dapat dijadikan acuan untuk menentukan apakah emas putih yang Anda miliki asli atau palsu. Semoga dengan berbekal pengetahuan mengenai cara membedakan emas putih dan palsu ini Anda tidak akan tertipu jika mendapatkan tawaran membeli emas putih selain di toko emas legal.
Share:

Arsip Blog

DMCA.com for Blogger blogs Lifestyle Blogs
blog search engine