4 Cara Membedakan Kutilang Emas Jantan dan Betina Dilihat dari Bentuk Fisiknya

Burung kutilang adalah salah satu jenis burung yang digemari karena kemampuannya berkicau. Burung dengan nama latin pycnonotus aurigaster ini panjangnya sekitar 20cm dari paruh hingga ekor. Supaya burung kutilang lebih sering berkicau, Anda bisa merawatnya dengan memberikan pakan jangkrik atau ulat hongkong tiap pagi dan sore. Lalu, bagaimana cara membedakan kutilang emas jantan dan betina jika dilihat dari kenampakan dan karakteristik fisiknya.

ciri kutilang jantan yang bagus,download suara kutilang emas,harga kutilang emas,jenis jenis kutilang lengkap,kelebihan kutilang emas,kutilang emas mata merah,suara kutilang emas jantan,
Baca juga : Labet Jantan

Perbedaan Kutilang Jantan Dan Betina Dari Ciri Fisik dan Kelincahan

Pada dasarnya ada banyak jenis kutilang emas yang tersebar di seluruh dunia, baik jantan maupun betina dalam spesies yang sama. Masing-masing spesies memiliki ciri fisiknya sendiri. Namun umumnya, ciri fisik ini bisa dijadikan pembeda antara burung kutilang jantan dan betina dalam satu spesies. Berikut adalah cara membedakan kutilang emas jantan dan betina:
  • Warna
Dari segi warna, perbedaan kutilang emas jantan dan betina terlihat dari perbedaan warna yang kontras. Pada kutilang jantan memiliki warna bulu yang lebih pekat dan berminyak hingga mengkilap, bisa dibilang warnanya lebih tua. Sedangkan kutilang betina memiliki warna bulu yang cenderung lebih halus dan pudar, tidak sepekat pada jantan.
  • Ukuran tubuh
Cara membedakan kutilang emas jantan dan betina juga bisa dilihat dari bentuk dan ukuran tubuh. Pada kutilang jantan, tubuhnya sedikit lebih kecil dari kutilang betina. Hal ini kemungkinan karena kutilang betina disiapkan untuk bertelur dan mengerami telurnya sehingga membutuhkan dimensi tubuh yang besar dan bisa menghangatkan.
  • Bunyi kicauan
Jika Anda mengamati dan mendengarkan kicauan burung kutilang, Anda akan tahu cara membedakan kutilang emas jantan dan betina dari kicauannya ini. Pada kutilang jantan, kicauannya lebih nyaring dan memiliki bunyi yang variatif. Sedangkan kutilang betina cenderung memiliki kicauan yang pasif dan itu-itu saja. Jika dilihat di alam liarnya, kicauan kutilang jantan yang variatif ini berfungsi sebagai penarik perhatian betina pada saat musim kawin.
  • Gerakan
Cara membedakan kutilang emas jantan dan betina lainya adalah dilihat dari gerakan dan kelincahan. Kutilang jantan cenderung bergerak lebih aktif dan lincah dari pada kutilang betina. Kutilang betina lebih banyak diam dan tidak seagrasif kutilang jantan. Hal ini juga berpengaruh di alam liar dimana kutilang jantan selalu mencari cara bertingkah menarik perhatian betinanya.
Baca Juga Cara Membedakan:
Itulah beberapa cara membedakan kutilang emas jantan dan betina secara kenampakan fisik dan karakteristik perilaku. Bagi Anda yang ingin mencoba mengamati perbedaan kutilang jantan dan betina, bisa mulai dengan melihat ciri fisik yang paling mudah, yaitu ukuran tubuh jantan dan betina. Pada spesies yang sama (biasanya dalam satu kandang), kutilang jantan memiliki tubuh relatif lebih kecil dibandingkan dengan yang betina. Untuk warnanya juga berbeda, yakni kutilang jantan warna bulunya lebih cerah dari betina.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel