4 Cara Membedakan Labet Jantan dan Betina Dari Fisiknya

Burung Labet atau Lovebird merupakan salah satu burung kicauan yang sangat panjang dan merdu. Tidak salah jika banyak orang menyukai burung yang satu ini untuk dijadikan sebagai peliharaan ataupun dijadikan sebagai burung kontes. Nah, untuk Anda para pencinta burung, sudah tahukah Anda bagaimana cara membedakan labet jantan dan betina? Mungkin bagi para pencinta burung yang sudah lama bergelut dengan burung labet akan sangat mudah membedakan antara burung labet jantan dan betina. 

cara membedakan lovebird jantan dan betina umur 2 bulan,lovebird jantan atau betina untuk lomba,paruh lovebird betina,perbedaan lovebird jantan dan betina saat birahi,
Baca juga : Minyak Zaitun

Namun bagi Anda yang masih awam dengan burung mungkin akan merasa kesulitan dalam membedakan burung labet jantan dan betina. Cara membedakan labet jantan dan betina bisa dilakukan dengan hanya melihat bentuk fisiknya saja. Hal ini dikarenakan jika diamati dengan seksama, maka akan terlihat jelas perbedaan antara burung jantan dan burung betina jenis labet ini. Nah, khusus untuk Anda berikut ini beberapa cara untuk membedakan burung labet jantan dan betina:
  • Lihat bentuk paruhnya

Cara membedakan lovebird jantan dan betina umur 2 bulan bisa dilakukan dengan melihat bentuk paruhnya. Paruh burung lovebird jantan terlihat lebih kuat dan kokoh serta agak melengkung. Sedangkan paruh burung lovebird betina paruhnya terlihat lebih lurus dan tidak terlalu melengkung.
  • Lihat bentuk ekornya

Untuk membedakan antara burung labet jantan dan betina selain dilihat dari paruh lovebird betina dan jantan, bisa juga dilihat dari bentuk ekornya. Ekor burung labet jantan mempunyai bentuk yang lancip menyerupai huruf V, sedangkan ekor burung labet betina ekornya rata dan membentuk seperti huruf U. Anda bisa melihat perbedaannya ini ketika burung sudah beranjak dewasa.
  • Lihat bentuk tubuh secara keseluruhan

Jika diamati secara keseluruhan, bentuk tubuh antara labet jantan dan betina juga berbeda. Perbedaan bentuk tubuh antara labet jantan dan betina ini bisa dilihat dari ukuran tubuhnya. Ukuran tubuh burung labet jantan lebih besar dan kekar, sedangkan burung labet betina mempunyai ukuran yang lebih kecil dan mungil.
  • Lihat warna bulunya

Cara yang paling mudah untuk membedakan antara burung labet jantan dan betina adalah dengan melihat warna bulunya. Warna indah burung lovebird ini tampak jauh berbeda antara burung yang jantan dan burung yang betina. Bulu burung labet jantan lebih terang dibandingkan dengan warna burung labet betina. Anda bisa mengamati warna bulu ini secara keseluruhan jika antara burung jantan dan betina disatukan dalam kandang.
Cara membedakan labet jantan dan betina dari bentuk fisiknya ini akan lebih mudah jika Anda membedakannya pada saat burung labet sudah dewasa. Hal ini dikarenakan pada saat burung lovebird atau labet masih anakan belum bisa dibedakan dengan jelas. Apalagi pada saat masih anakan burung lovebird ini masih belum mempunyai bulu dan bentuk tubuhnya juga masih belum berkembang secara maksimal. Oleh karena itu, banyak orang awam yang salah membedakan antara burung lovebird jantan dan betina pada saat masih anakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel