4 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu Dengan Air Yang Paling Mutakhir

Madu merupakan salah satu bahan alami yang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Namun sayangnya, sekarang ini banyak sekali madu palsu yang sudah dicampur dengan air. Madu palsu ini tentunya tidak mempunyai khasiat sama sekali. Nah, untuk Anda yang akan membeli madu maka wajib mengetahui bagaimana cara membedakan madu asli dan palsu dengan air. Cara membedakan madu asli dan palsu dengan menggunakan air ini merupakan cara yang paling mudah dan praktis. 

apakah madu tj asli,ciri ciri madu asli tanpa campuran,ciri madu asli dalam kulkas,harga madu asli,khasiat madu asli,madu murni nusantara,menguji keaslian madu,merk madu asli,

Selain menggunakan air, ada lagi cara lain untuk membedakan madu asli dan palsu. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa cara membuktikan madu asli atau palsu:
  • Direndam dengan air
Cara membedakan madu asli dan palsu dengan air sangat mudah dilakukan, Anda bisa menggunakan air putih ataupun air kran biasa. Untuk membuktikan keaslian madu, Anda harus memasukkan madu ke dalam satu gelas air. Lihat apa yang terjadi, jika madu mengapung dan tercampur dengan air maka bisa dipastikan madu tersebut bukan madu murni. Hal ini dikarenakan madu murni tidak akan mengapung jika dimasukkan ke dalam air.
  • Dengan korek api
Korek api juga bisa dijadikan sebagai alat untuk menguji apakah madu asli atau banyak mengandung air. Cara untuk membuktikannya yaitu dengan mencelupkan korek api gosok pada madu sampai bagian cokelatnya terendam. Setelah itu, nyalakan api dengan menggunakan batang korek api tadi. Jika madu banyak mengandung air, maka korek api tidak akan menyala. Sebaliknya jika madu tersebut asli, maka korek api akan tetap bisa menyala.
  • Diuji dengan kertas
Ciri-ciri madu palsu adalah mempunyai kandungan air yang banyak. Oleh karena itu, Anda bisa menguji madu dengan menggunakan kertas. Cara mengujinya cukup mudah, yaitu letakkan satu sendok madu pada kertas koran ataupun kertas biasa. Lalu lihat bagaimana reaksi kertas tersebut. Jika madu asli maka kertas tidak akan sobek, sedangkan jika madu tersebut palsu atau banyak mengandung air maka kertas akan sobek seperti terkena air.
  • Direbus dengan sendok
Cara untuk membuktikan keaslian madu juga bisa dilakukan dengan merebus madu. Anda bisa mengambil satu sendok madu kemudian rebuslah madu tersebut diatas lilin. Jika madu mendidih dan banyak madu yang tumpah, maka madu tersebut palsu. Hal ini dikarenakan madu yang asli tidak akan tumpah jika direbus karena dalam madu asli tidak mengandung air sedikit pun.
Cara membedakan madu asli dan palsu dengan air ataupun caranya ini sangat akurat. Anda bisa langsung mengetahui apakah madu yang Anda beli adalah madu asli atau palsu. Madu palsu ini cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh, hal ini dikarenakan banyak madu palsu yang sudah dicampur dengan pemanis buatan sehingga bisa membuat orang yang mengonsumsinya terkena penyakit diabetes. Jadi, pastikan jika Anda membeli madu yang asli dan sudah dijamin aman untuk kesehatan tubuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel