4 Cara Membedakan Minyak Zaitun Asli dan Palsu Dengan Mudah

Sekarang ini banyak bermunculan produk-produk palsu di Indonesia yang sangat meresahkan masyarakat. Salah satu produk yang banyak dipalsukan saat ini adalah minyak zaitun. Minyak zaitun berbeda dengan minyak pada umumnya, hal ini dikarenakan minyak zaitun mengandung banyak kandungan ester yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Nah, untuk mendapatkan khasiat dari minyak zaitun maka Anda harus membeli minyak zaitun yang asli. Oleh karena itu, agar Anda terhindar dari produk palsu, maka harus mengetahui bagaimana cara membedakan minyak zaitun asli dan palsu.

kumpulan ciri minyak zaitun asli,minyak zaitun asli arab,minyak zaitun asli beli dimana,minyak zaitun asli untuk rambut,minyak zaitun asli untuk wajah,minyak zaitun yang asli mereknya apa,
Baca juga : Propolis Asli

Untuk membedakan antara minyak zaitun yang asli dan palsu bisa dilakukan dengan banyak cara, diantaranya yaitu:
  • Mengaduk minyak zaitun

Minyak zaitun asli untuk wajah bisa dibedakan dengan cara mengaduknya. Anda bisa mengambil beberapa tetes minyak zaitun lalu dimasukkan ke dalam gelas kaca. Untuk membedakan minyak zaitun ini bisa dengan cara menutup bagian atas dan bawah gelas kemudian digoyangkan. Lihat reaksi yang terjadi, jika minyak zaitun semakin sedikit, maka minyak zaitun tersebut asli. Namun jika minyak zaitun masih saja tetap, maka dikhawatirkan minyak tersebut palsu.
  • Mengendus minyak zaitun

Cara membedakan minyak zaitun asli dan palsu yang lainnya adalah dengan mengendusnya. Anda bisa menuang sedikit minyak zaitun pada piring kecil kemudian endus aromanya. Aroma minyak zaitun yang asli akan sangat menyengat, berbeda dengan minyak zaitun yang palsu atau sudah dicampur dengan bahan lainnya. Namun terkadang dengan cara mengendus ini cukup sulit, hal ini dikarenakan aroma minyak zaitun dan minyak sayur biasa agak mirip.
  • Mencicipi minyak zaitun

Untuk lebih akurat dalam membedakan antara minyak zaitun asli dan palsu, Anda bisa mencicipinya. Degan mencicipinya, Anda bisa langsung mengetahui mana minyak zaitun asli dan yang palsu. Dalam mencicipi minyak zaitun tersebut, Anda tidak boleh menelannya langsung. Yang harus Anda lakukan adalah merasakan tekstur minyak didalam mulut. Minyak zaitun yang asli mempunyai tekstur yang berbeda dan membawa rasa agak pedas pada mulut. Selain itu, rasanya juga agak pahit.
  • Menelan minyak zaitun

Untuk membedakan antara minyak zaitun asli Arab ataupun palsu juga bisa dilakukan dengan menelannya. Minyak zaitun yang asli memang akan meninggalkan rasa pahit, namun rasa pahit minyak zaitun tidak pada ujung lidah melainkan pada pangkal lidah. Jika Anda merasakan pahit, sebelum ditelan kemungkinan minyak zaitun yang Anda beli adalah minyak zaitun palsu.
Cara membedakan minyak zaitun asli dan palsu memang harus langsung dengan merasakan minyak tersebut. Hal ini dikarenakan minyak zaitun tidak bisa dibedakan hanya dilihat dari warna ataupun kekentalannya. Jika dilihat dari warna dan kekentalan, maka semua minyak zaitun akan tampak sama dan sulit untuk dibedakan mana minyak zaitun yang asli dan yang campuran atau yang palsu. Oleh karena itu, Anda harus jeli dan tetap waspada jika ingin membeli minyak zaitun yang asli.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel