Beberapa Cara Membedakan Jalak Nias Jantan dan Betina Dengan Mudah

Jalak Nias atau Acridotheres tristis adalah salah satu burung yang kini populer dipelihara di Indonesia. Burung ini memiliki ciri-ciri umum warna cokelat tua dengan bulu bagian kepala hitam dan bulu pantat berwarna putih. Suara burung Jalak Nias juga lantang dan unik, membuatnya banyak disukai dan dikoleksi para penggemar burung. Jika Anda merupakan salah satu penggemar jenis burung ini, tentunya Anda mengetahui cara membedakan Jalak Nias jantan dan betina. Cara membedakan ini penting termasuk untuk mendapatkan indukan yang baik.

cara ternak jalak nias,harga pasaran jalak nias,jalak nias betina gacor,keistimewaan jalak nias,makanan jalak nias,suara jalak nias betina,suara jalak nias jantan,
Baca juga : Kayu Stigi

Burung yang persebarannya hampir di seluruh Asia ini memang cukup memikat. Karena itu walaupun populasinya masih cukup banyak di alam bebas, namun orang juga tertarik untuk mengembangbiakan burung Jalak Nias. Syarat utama untuk mengembangbiakan selain mengetahui metodenya juga memahami perbedaan antara jalak nias jantan dan betina. Jadi bukan saja membedakan burung jalak jenis ini dengan jenis jalak lainnya maupun dengan jenis burung yang mirip secara ciri-ciri fisik dengan jalak ini. 

Pertama cara membedakan Jalak Nias jantan dan betina dapat dilihat dari ciri-ciri fisiknya. Burung jalak nias jantan memiliki bentuk kepala yang lebih kecil dan pipih. Dibandingkan betina yang lebih besar, dan bulat lonjong. Selain itu di bagian kepala juga terdapat sedikit jambul yang tidak nampak pada jenis jalak nias betina. Kemudian apabila dilihat dari warna bulunya, maka jalak nias jantan memiliki warna bulu yang lebih berkilau atau mengkilap. Sementara warna bulu burung betina walaupun sama-sama cokelat namun lebih kusam dan gelap. 

Bedanya jalak nias jantan dan betina dewasa juga bisa diamati dari karakter suaranya. Karakter suara burung jalak nias jantan lebih lantang dan bervariasi. Sementara suara burung betina biasanya cenderung monoton. Perbedaan lainnya adalah perilaku burung jalak nias jantan yang senang mengangguk-anggukan kepala serta mengembangkan bagian jambulnya sehingga lebih terlihat jelas. Hal ini terutama dilakukan saat burung berkicau. Perilaku ini jarang dilakukan oleh jenis burung jalak nias betina.

Selain itu biasanya orang juga membedakan burung jantan dan betina pada jenis jalak nias ini dari perilakunya saat makan. Dimana si jantan dianggap lebih doyan makan ketimbang si betina. Namun hal tersebut tidak selalu seperti itu. Karena nafsu makan burung baik jantan dan betina sebenarnya lebih tergantung pada kebiasaan dan kondisi kesehatannya. Semakin burung tersebut sehat, nafsu makannya juga akan baik. Sebaliknya jika burung tersebut sedang sakit, stress dan sebagainya akan mempengaruhi juga nafsu makannya. 

Cara membedakan Jalak Nias jantan dan betina nampaknya tidak terlalu sulit bukan? Jika Anda sudah terbiasa bergaul dengan jenis burung yang satu ini tentu akan semakin mudah bagi Anda untuk membedakan jenis kelamin burung tersebut. Nah, sekarang jika sudah bisa membedakan jenis kelamin, Anda bisa melanjutkan belajar cara mengawinkan atau mengembangbiakan burung baik untuk komersil maupun hobi yang menyenangkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel