Begini Cara Membedakan Ciblek Gunung Jantan dan Betina Dewasa

Ciblek gunung merupakan salah satu jenis burung Prenjak yang sangat disukai karena suaranya yang unik. Suara burung yang satu ini disukai karena rapat atau istilahnya ngebren, terutama pada jenis burung Ciblek gunung Jantan. Sayangnya burung ini semakin langka dan sulit ditemukan. Para penggemar Ciblek gunung tentu harus tahu cara membedakan ciblek gunung jantan dan betina. Ini penting agar tidak keliru dalam memilih Ciblek yang bagus, terutama jika hendak mencari sepasang indukan Ciblek Gunung untuk dipelihara. 

ciblek gunung betina mp3,ciri ciblek gunung jantan dewasa,ciri ciblek jantan bakalan muda,harga ciblek gunung,suara ciblek gunung betina memanggil jantan,suara ciblek gunung jantan,
Baca juga : Flashdisk Sandisk

Perbedaan Ciblek gunung jantan dan betina sebetulnya bisa dilihat dari ciri-ciri fisiknya. Misalnya, ciblek gunung jantan memiliki tubuh yang ideal dan proporsional. Badannya tegap dengan ukuran kepala nampak lebih besar dibandingkan Ciblek gunung betina yang memiliki badan sedikit gemuk dan kurang tegap. Pada bagian ekor, ciblek gunung jantan juga memiliki ukuran ekor yang lebih panjang dibanding si betinanya. Perbedaan lainnya yang mudah dilihat adalah warna paruh pada pejantan nampak lebih gelap dan kokoh.

Beda ciblek gunung jantan dan betina dewasa juga bisa tampak, misalnya dari bagian dubur yang terasa lebih menonjol ketimbang Ciblek gunung betina. Adanya warna kuning di bagian tenggorokan pada ciblek jantan juga kadang bisa tampak untuk membedakan dari yang betina. Namun demikian membedakan ciblek gunung jantan dan betina memang tidak mudah dan butuh cukup latihan agar terbiasa. Terutama membedakan ciblek gunung yang masih anakan, tentu akan lebih sulit lagi karena ciri-ciri fisiknya belum menonjol.

Cara membedakan ciblek gunung jantan dan betina yang lain adalah dengan mengamati atau mendengarkan karakter suaranya. Suara ciblek gunung jantan dewasa lebih rapat, kuat dan kadang diiringi dengan ngeroll serta sesekali nembak. Ciblek gunung jantan juga lebih gampang untuk dimaster, lebih cepat menguasai jenis-jenis irama. Sebaliknya, ciblek gunung betina memiliki suara yang lebih datar dan kurang berirama sehingga sulit disetting. 

Namun demikian ciblek gunung betina bisa digunakan sebagai pancingan untuk mendongkrak kemampuan pejantan. Karena pada umumnya burung jantan dewasa mudah tergoda untuk bersuara apabila ada burung betina di sekitarnya untuk menarik perhatian. Demikian juga dengan ciblek gunung. Pada habitat aslinya, ciblek gunung jantan menarik burung betina dengan suaranya yang lantang dan khas. 

Butuh kehati-hatian ketika membeli burung baru, terutama ciblek gunung hasil tangkapan dari alam liar. Selain memahami cara membedakan ciblek gunung jantan dan betina, kondisi kesehatan fisiknya juga harus diperhatikan. Memang, ciblek gunung memiliki banyak keunggulan dibandingkan burung lainnya. Selain memiliki suara yang menarik dan khas, ciblek gunung juga memiliki mental perlombaan yang kuat. Apabila dikelola dengan baik dengan perawatan yang memadai dan latihan yang cukup dan tekun, ciblek gunung akan mudah memenangkan berbagai perlombaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel