Cara Membedakan Akar Bahar Asli dan Palsu Yang Benar

Cara membedakan akar bahar asli dan palsu yang paling mudah. Akar Bahar bagi sebagian orang memang terdengar asing. Namun, bagi orang-orang yang percaya dengan dunia spiritual, akar bahar adalah salah satu benda yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kehidupan. Dalam istilah ilmiah, akar bahar disebut dengan Antiphates Sp. akar bahar yang dalam bahasa Bali disebut dengan kayu uli ini adalah tumbuhan yang hidup pedalaman air laut. Untuk mendapatkan akar bahar pun cukup susah, sementara saat ini para pencarinya semakin bertambah. 
Saat ini telah beredar banyak akar bahar palsu dengan harga lebih murah namun tidak memiliki khasiat apapun. Oleh sebab itu, perlu diketahui cara membedakan akar bahar asli vs palsu. Perbedaan dari akar bahar asli dan palsu adalah bahan baku asalnya. akar bahar merupakan tanaman yang termasuk jenis kerang yang hidup di dalam laut, secara umum memiliki tiga jenis yaitu akar bahar Hitam, akar bahar Putih dan akar bahar Merah. Diatara ketiga jenis ini, akar bahar Hitam adalah yang paling banyak ditemui. 

Dipercaya, akar bahar ini dapat memberikan energi positif bagi manusia, akar bahar biasanya dijadikan aksesoris seperti cincin, gelang, kalung atau pipa rokok (cangklong). Di Indonesia, akar bahar paling banyak ditemukan di daerah sekitar Maluku. Biasanya, akar bahar dapat ditemukan diantara amber atau Barnsteen (“batu yang dibakar”—dalam Bahasa Jerman). Sementara nama akar bahar sendiri merupakan gabungan dari kata ‘akar’ dalam bahasa Indonesia, dana kata ‘bahar’ dari bahasa Arab yang berari laut. 

Atau jika keduanya digabung berarti akar yang berasal dari laut. Di daerah Maluku sendiri, Akar sering diganti dengan “ruhu” atau “luhu”, sehingga akar bahar kerap disebut dengan “ruhu mete” atau “luhu mete”. Adapun cara membedakan akar bahar asli dan palsu tidak bisa dilihat secara sekilas. Hal ini disebabkan karena banyaknya orang yang memalsukannya karena untuk mendapatkannya seorang harus menyelam hingga ratusan meter. Dengan mengenakan akar bahar di tubuh, maka seorang akan mendapatkan berkah alaminya, yaitu dapat meningkatkan kharisma. 

Pemakai akar bahar dipercaya akan memiliki sifat kesatria. Selain itu, akar bahar sangat identic dengan para kesatria Betawi di masa penjajahan Belanda. Selain itu, akar bahar yang berasalah dari dalam lautan dipercaya telah menyerap vitamin, unsur dan ion-ion dari dalam laut sehingga dapat menetralkan zat kimia dan racun di dalam tubuh. Unsur radium yang dimiliki akar bahar dapat membantu menyembuhkan penyakit reumatik. Jika dipakai sebagai gelang, akar bahar juga dipercaya dapat menolak segala guna-guna jahat dsb.

Untuk mengetahui cara membedakan akar bahar asli dan palsu perlu diketahui bagaimana ciri sebenarnya akar bahar asli. Adapun salah satu ciri-ciri akar bahar asli adalah sifat akar bahar yang berasal dari dalam air membuatnya tenggelam saat berada di dalam air. Jika mengambang berarti kayu biasa. Karena bersifat air, jika dibakar, akar bahar tidak menjadi abu. Jika dipanasi pakai korek api atau dipanaskan dalam air panas, maka akar bahar mudah meliuk atau memuai.

Saat ini telah banyak ditemukan penjual akar bahar di dunia maya, namun untuk memastikan apakah barang tersebut asli atau tidak, sebelum membeli cobalah meminta kepada penjualnya untuk melakukan pengecekan keasliannya. Ya, demikianlah tadi cara membedakan akar bahar asli dan palsu, semoga bermanfaat.