Cara Membedakan Anakan Kacer Jantan dan Betina Dengan Mudah

Cara membedakan anakan kacer jantan dan betina tidak mudah karena masih anakan dan masih bisa tumbuh. Sebenarnya akan sangat mudah membedakannya ketika burung kacer sudah dewasa atau berumur. Seperti yang kita tahu, burung kacer merupakan burung kicau yang banyak diminati oleh semua kalangan penghobi burung gacoran. Mungkin salah satu penyebab burung kacer populer adalah suara kicauannya yang merdu, bervariasi dan lantang. Burung kacer ini mempunyai ciri khas yang berbeda dengan burung lainnya. 

cara memilih anakan kacer jantan yang bagus,ciri kacer trotol jantan,ciri kacer trotol jantan yang bagus,kacer jantan umur 2 bulan,perbedaan kacer jantan dan betina dewasa,
Baca juga : BSH Asli

Ciri khas tersebut akan terlihat saat burung kacer berkicau dan kepalanya menghadap ke atas sambil berkicau. Cara membedakan burung kacer jantan dan betina dapat dilihat dari segi postur, suara dan warna. Perbedaan yang sangat jelas dan mudah untuk diidentifikasi yaitu pada warna burung kacer. Perlu Anda ingat, bahwa warna burung kacer betina terlihat seperti hitam yang pudar atau berwarna abu-abu. Sedangkan burung kacer jantan mempunyai warna hitam yang pekat. Selain dari warna, Anda juga bisa membedakan burung kacer jantan dan betina dari dadanya. 

Biasanya dada burung kacer jantan terlihat hitam dan burung kacer betina terlihat pudar. Namun hal tersebut tidak bisa dilihat apabila burung kacer masih anakan atau berumur dibawah 2 bulan. Apabila burung kacer masih anakan, maka cara membedakan anakan kacer jantan dan betina yakni melihat dari jenis suaranya. Karakteristik suara burung kacer jantan adalah lebih kencang ketika berbunyi apalagi saat lapar burung kacer jantan akan berbunyi lebih ngeplong. 

Sedangkan untuk burung kacer betina tidak begitu lantang bunyinya, karena anakan burung kacer betina akan lebih banyak diam dan bunyinya pun tidak terlalu kencang. Meskipun banyak orang yang sulit membedakan jenis kelamin anakan burung kacer, namun cara ini merupakan cara yang efektif untuk membandingkan jenis kelamin burung kacer jantan atau betina. Ada cara lainnya untuk membedakan anakan burung kacer jantan atau betina yaitu dengan memastikan burung kacer sudah ganti bulu atau belum. 

Untuk memastikannya, Anda perlu menunggu burung kacer mabung 1 kali setelah lepas loloh. Hal ini bertujuan agar dengan mudah membedakan jenis kelamin burung kacer. Apabila bulu burung sudah bodol atau ganti bulu, maka kita bisa melihat perubahan bulunya sekitar 1-2 bulan. Itulah ciri kacer jantan yang bagus dan ciri burung kacer betina yang bagus pula. Bagi Anda yang ingin membeli burung kacer lebih baik mengajak orang yang berpengalaman di bidang ini.

Cara membedakan anakan kacer jantan dan betina lainnya yaitu dengan melihat postur tubuhnya. Burung kacer jantan akan mempunyai poster tubuh yang gagah dan gayanya tegap dengan dada yang membusung. Sebaliknya jika kacer betina cara berdirinya terlihat menunduk dan bodinya rata. Pada intinya untuk membedakan anakan kacer jantan dan betina masih susah karena belum dewasa atau matang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel