Cara Membedakan Ciblek Semi Jantan dan Betina Melaui Ciri Fisik

Salah satu burung yang kicauannya menjadi hiburan adalah ciblek. Burung ciblek yang nama latinya Prinia familiaris adalah jenis burung yang habitatnya di daerah beriklim sedang hingga tropis. Kebanyakan burung ini tinggal di hutan dengan naungan sedang atau pohon yang tinggi. Salah satu yang cukup populer di Indonesia adalah ciblek jenis semi. Ciblek semi ini merupakan hasil persilangan antara ciblek kristal dan ciblek kuning. Saat masih muda, cara membedakan ciblek semi jantan dan betina menjadi tantangan tersendiri bagi para pecinta burung.

ciblek semi bahan,ciri ciblek jantan yang bagus,gambar ciblek jantan dan betina,perbedaan ciblek jantan dan betina yang masih anakan,perbedaan ciblek semi dan kristal,suara ciblek semi jantan,
Baca juga : Cincin Emas

Perbedaan Ciblek Jantan dan Betina Dari Karakteristik Fisik

Karena hidupnya berkoloni, di habitat aslinya ciblek berkicau untuk berkomunikasi satu sama lain. Kicauan inilah yang dianggap merdu dan untuk alasan yang sama, banyak diburu. Pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara membedakan ciblek semi jantan dan betina jika dilihat mulai dari anakan. Berikut adalah ciri fisik untuk membedakan cara yang bisa Anda lakukan:
1. Paruh
Pada saat anakan, ciblek jantan memiliki paruh yang berwarna hitam atau gelap pada ujungnya, sedangkan ciblek betina memiliki paruh dengan warna lebih terang. Saat dewasa, ciblek jantan memiliki paruh dengan warna yang gelap secara keseluruhan.
2. Badan
Salah satu cara membedakan ciblek semi jantan dan betina adalah melalui ukuran badan. Ciblek jantan relatif lebih besar dari yang betina. Hal ini berlanjut sampai dewasa, dimana ciblek jantan dewasa berukuran lebih besar dari ciblek betina.
3. Lidah
Bagian lidah dan rongga mulut ciblek jantan memiliki warna hitam atau gelap, sedangkan ciblek betina lidahnya berwarna cerah. Jika dilihat lebih dalam, pada bagian tenggorokan ciblek jantan berwarna kuning cerah. Sedangkan pada ciblek betina warna kuningnya lebih pudar.
4. Dari ekor
Cara membedakan ciblek semi jantan dan betina juga bisa diamati dari du.bur dan ekor. Pada bagian du.bur, ciblek jantan memiliki lebih menonjol dengan banyak bulu. Sedangkan ciblek betina memiliki bagian du.bur tidak terlalu menonjol dengan sedikit bulu. Pada bagian ekor, ciblek jantan memiliki ekor yang lebih panjang dibandingkan dengan ciblek betina
5. Perilaku
Dari ciri perilaku ciblek jantan, mereka cenderung lebih aktif bergerak jika dibandingkan dengan ciblek betina yang tidak terlalu agresif. Hal ini salah satunya disebabkan ciblek jantan di alam harus berkompetisi dengan pejantan lain untuk menarik betina saat musim kawin berlangsung.
6. Kaki
Ciblek jantan memiliki kaki yang lebih tegap dan proporsional dibandingkan dengan ciblek betina. Selain itu jika dipegang dengan halus dan diletakkan dalam posisi berdiri pada jari manusia, cengkraman cakar ciblek jantan lebih kuat dari ciblek betina.
7. Kicauan
Ini salah satu perbedaan mendasar pada ciblek jantan dan betina, dimana ciblek jantan memiliki kicauan yang lebih variatif dibandingkan dengan ciblek betina. Ciblek betina umumnya hanya berkicau dengan bunyi “ ci ci ci”.
Itulah beberapak karakteristik dan cara membedakan ciblek semi jantan dan betina. Anda bisa mencoba berlatih membedakan dengan pergi ke pasar hewan dan melakukan pengamatan sendiri. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel