Cara Membedakan Cincin Emas Asli dan Palsu Dengan Mudah

Emas adalah logam mulia yang biasa dijadikan perhiasan sekaligus investasi. Emas tidak hanya dijual dalam bentuk batangan dan disimpan sebagai harta kekayaan non uang. Namun para wanita terutama, menyukai menyimpan dan menggunakan perhiasan emas sebagai investasi, tabungan maupun untuk meningkatkan penampilan. Namun tiruan emas, terutama pada jenis perhiasan seperti cincin, gelang atau kalung juga banyak dibuat. Nah, cara membedakan cincin emas asli dan palsu harus diketahui, agar Anda tidak salah beli.

cara membedakan emas 24 karat dan 22 karat,cara membedakan emas dan tembaga,cara membedakan emas putih asli dan palsu,cara membedakan emas putih dan perak,emas asli jika dibakar,
Baca juga : Cucak Ijo

Sebetulnya, perbedaan emas asli dan palsu sangat kentara. Hanya saja kadang kita sendiri tidak jeli dan waspada, sehingga bisa kena tipu. Emas yang asli, dengan karat yang murni atau tinggi memiliki sifat-sifat emas, dengan warna yang merata, tidak berbau logam lainnya dan cenderung lebih lunak. Namun biasanya ketika dibuat dalam bentuk perhiasan, emas murni akan dicampur dengan logam lainnya. Karena itu harga perhiasan emas berbeda-beda, tergantung komposisi kandungan emasnya, apakah 22 karat, 17 karat atau hanya beberapa karat saja.

Emas murni 24 karat jarang dijual dalam bentuk perhiasan. Biasanya emas murni tersebut dijual batangan. Emas murni yang asli memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh ANTAM. Dengan sertifikat tersebut emas murni batangan bisa diperjualbelikan atau dijadikan agunan. Nilai emas murni batangan bersertifikat lebih stabil dan aman, dibandingkan jika Anda menyimpan emas dalam bentuk perhiasan. Hal ini karena emas dalam bentuk perhiasan bisa mengalami penurunan kualitas apabila digunakan.

Lalu, bagaimana cara membedakan cincin emas asli dan palsu? Cincin emas yang asli seharusnya juga memiliki sertifikat atau nota yang dikeluarkan secara resmi oleh toko emas. Nota tersebut berisikan informasi tentang gram dan berapa karat emas cincin atau perhiasan tersebut. Termasuk juga apabila dijual kembali maka berapa persen nilai reduksinya. Nah, jika cincin emas tersebut tidak dilengkapi nota maka Anda tidak bisa menjual atau menggadaikan dengan harga yang semestinya. Paling banter Anda bisa menjual ke toko emas dengan harga jauh lebih murah.

Beda perhiasan emas asli dan palsu juga bisa dilihat dari tampilannya. Cincin emas palsu biasanya lebih ringan atau terlalu berat dibandingkan ukurannya. Hal ini karena campuran atau bahan logam materialnya. Selain itu apabila Anda gosokan ke kain atau tangan maka akan menimbulkan bekas warna kehijauan pada cincin dan mengeluarkan aroma besi atau kuningan. Cincin emas yang asli tak akan berubah warnanya, dan sama sekali tidak berbau logam apapun. Selain itu emas yang palsu biasanya apabila digunakan akan menimbulkan reaksi alergi pada kulit.

Baca Juga Cara Membedakan:
Disamping mencoba mengecek keaslian emas sendiri, cara membedakan cincin emas asli dan palsu paling mudah adalah membawanya ke toko emas yang terpercaya. Karena toko emas memiliki alat ukur yang valid untuk menakar kadar karat emas suatu perhiasan, selain mengukur volume atau gramnya. Jadi, untuk lebih yakinnya Anda dapat membawa perhiasan diduga emas tersebut ke toko emas terpercaya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel