Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina yang Masih Muda Dari Segi Fisik

Kicau mania pasti tidak asing lagi dengan buruk cucak ijo. Cucak ijo adalah salah satu jenis burung kicau yang menarik perhatian. Nama lain dari burung ini adalah Sonnerati Chloropsis . Meskipun sama-sama bernama cucak, burung cucak hijau bukan merupakan keluarga dari burung cucak rowo. Cara membedakan cucak ijo jantan dan betina yang masih muda cukup mudah untuk dipahami. Kategori burung ini bisa dibedakan dari segi fisiknya, tidak seperti beberapa burung lainnya. Dengan demikian, Anda bisa membedakan saat membelinya.
Burung cucak ijo adalah salah satu jenis burung kicau yang banyak dipelihara oleh pecinta burung kicau. Cara membedakan jenis burung cucak ijo jantan dan betina bisa dibedakan dari burung ini berusia muda. Kedua burung ini merupakan kategori burung yang rajin. Untuk membedakan burung cucak ijo yang masih muda dengan usia kurang lebih 2 hingga 4 bulan, Anda perlu lebih teliti lagi. Dari segi fisik, burung cucak ijo jantan dan betina yang masih muda masih belum terlalu bisa dibedakan tidak seperti burung cucak ijo yang sudah cukup matang.

Bagaimana Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina yang Masih Muda??

Kedua jenis burung cucak baik cucak ijo jantan maupun betina sama-sama penting untuk menjadi pilihan. Anda bisa mendapatkan keturunan cucak ijo yang baik dari pilihan jantan betinanya yang baik. Ciri cucak ijo jantan dan betina yang masih muda bisa dibedakan mulai dari bagian matanya. Pada bagian mata burung cucak ijo jantan dan betina dibawah 4 bulan, ada terdapat beberapa perbedaan. Pada cucak ijo jantan, terdapat lingkaran mata yang memiliki warna kuning. Sedangkan pada cucak betina, lingkaran mata memiliki warna putih.

Cara membedakan cucak ijo jantan dan betina yang masih muda kedua bisa dilihat dari bagian tubuhnya. Untuk cucak ijo berjenis kelamin betina, terdapat bulu pada bagian bawah yang memiliki warna coklat. Postur dari tubuhnya pun cenderung lebih kecil mirip dengan bentuk bola. Untuk cucak ijo berjenis kelamin jantan memiliki ukuran tubuh yang cukup besar dan memiliki postur tubuh yang lebih tegak. Ciri berikutnya bisa dilihat dari bentuk kepala. Bentuk dari kepala cucak jantan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan cucak betina.

Ketiga, Anda bisa membedakan cucak berjenis kelamin jantan dan betina dilihat dari warna bulunya. Untuk cucak berjenis kelamin jantan memiliki warna hitam pada bagian setengah dagu sedangkan untuk cucak ijo berjenis kelamin betina memiliki warna hingga setengah dagu yang berwarna kuning. Terakhir, bedakan pula dari kekuatan leher. Leher cucak ijo berjenis kelamin jantan memiliki bentuk yang lebih besar dan berotot tidak seperti cucak ijo berjenis kelamin betina. Itulah beberapa hal dalam cara membedakan cucak ijo jantan dan betina yang masih muda. Semoga membantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel