Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina Dari Fisik dan Kelakuan

Bagi Anda orang awam tentunya membedakan antara ikan Louhan jantan dan betina akan cukup sulit. Hal ini dikarenakan ikan Louhan mempunyai bentuk yang hampir sama baik yang jantan ataupun yang betina. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara membedakan ikan louhan jantan dan betina agar bisa menentukan jenis kelaminnya. Pengetahuan ini sangat dibutuhkan bagi Anda yang akan beternak ikan hias Louhan yang harganya cukup mahal ini.

anakan ikan louhan yang bagus,apakah louhan betina bisa jenong,artikel ciri louhan betina,ciri louhan betina akan bertelur,jual ikan louhan betina super,louhan bonsai betina,
Baca juga : Iphone 4

Perbedaan Fisik Louhan Jantan dan Betina

Cara membedakan ikan louhan jantan dan betina yang paling mudah adalah dengan melihat bentuk fisiknya. Jika dilihat sekilas memang antara Louhan jantan dan betina terlihat hampir sama. Namun jika Anda memperhatikannya lebih dalam maka akan terlihat perbedaannya. Berikut ini 2 perbedaan fisik ikan Louhan jantan dan betina:
  • Bentuk jenongnya
Ciri khas dari ikan Louhan adalah mempunyai bentuk yang kepala yang menonjol atau sering disebut dengan jenong. Louhan betina jenong yang besar akan mempengaruhi harga dari ikan Louhan tersebut. Hal ini dikarenakan ikan Louhan dengan jenong yang semakin besar menandakan bahwa usia ikan tersebut sudah dewasa. Untuk membedakan ikan Louhan jantan dan betina dari jenongnya bisa dilihat bahwa jenong ikan Louhan jantan lebih besar dibandingkan Louhan betina. Namun pastikan usia ikan Louhan jantan dan betina sama jika membedakan dari jenongnya.
  • Bentuk alat kelaminnya
Cara yang paling mudah untuk menentukan jenis kelamin ikan Louhan jantan dan betina adalah dengan melihat bentuk alat kelaminnya. Bentuk alat kelamin ikan Louhan jantan adalah berupa benjolan yang ada pada bagian bawah perutnya. Sedangkan ikan Louhan betina mempunyai alat kelamin yang berbentuk cekungan. Cara membedakan ikan Louhan jantan dan betina dengan melihat alat kelaminnya ini disebut dengan venting.

Perbedaan Tingkah Laku Louhan Jantan dan Betina

Untuk cara membedakan ikan louhan jantan dan betina selain melihat bentuk fisiknya, Anda juga bisa membedakannya dari tingkah laku sang ikan. Biasanya antara ikan Louhan jantan dan betina mempunyai tingkah laku yang berbeda. Namun untuk membedakan dengan melihat tingkah lakunya ini Anda perlu mengamati ikan Louhan dalam waktu yang tidak sebentar. Hal ini dikarenakan setiap tingkah laku ikan Louhan jantan dan betina terkadang tampak sama dan akan terlihat jika sudah diamati dalam jangka waktu yang cukup lama.

Baca Juga Cara Membedakan:
Perbedaan antara ikan Louhan jantan dan betina dari segi tingkah lakunya yaitu ikan Louhan jantan akan terlihat lebih lincah dan agresif dibandingkan ikan Louhan betina. Tingkah laku ikan Louhan betina ini cenderung lebih pendiam dan tidak suka berenang berkeliling. Ciri ikan Louhan yang bagus untuk betina adalah yang mempunyai tingkah laku pendiam dan tidak terlalu lincah. Sedangkan untuk ikan Louhan jantan yang bagus adalah ikan Louhan yang aktif dan lincah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel