Cara Membedakan Kucing Jantan Dan Betina Yang Baru Lahir

Memelihara kucing, bisa menjadi sebuah hobi yang menyenangkan. Apalagi saat ini terdapat berbagai jenis kucing yang berbulu lebat, berwarna indah, hingga jenis yang langka. Kita pun bisa memilih untuk memelihara kucing yang jantan atau betina. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Untuk dapat memilih kucing dengan jenis kelamin tertentu, diperlukan cara membedakan kucing jantan dan betina ketika mereka masih berusia sangat muda atau baru lahir. 

apakah kucing jantan punya susu,bagaimana kucing kawin,cara kawin kucing,kelamin kucing jantan,kucing jantan 3 warna,kucing jantan dikebiri,perbedaan sifat kucing jantan dan betina,
Baca juga : Lovebird Jantan

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Kucing Yang Baru Lahir

Ketika kucing peliharaan baru saja lahir, jenis kelaminnya belum bisa diketahui secara langsung. Kita memerlukan tehnik khusus untuk mengetahuinya. Cara membedakan kucing jantan dan betina saat baru lahir dapat dilakukan dengan mengecek kelaminnya. Pegang kucing pada bagian bawah perut menggunakan satu tangan, kemudian basahi bagian kelaminnya dengan sedikit air. Dengan demikian bulu-bulu yang menutupi dapat tersibak dan lubang kelamin akan sedikit menonjol. Setelah itu lakukan pengecekan dengan cara berikut ini:
  • Memperhatikan lubang kelamin

Salah satu cara membedakan kucing jantan dan betina yang baru lahir adalah dengan mengamati lubang kelaminnya. Pada kucing jantan yang baru lahir, ujung penisnya tersembunyi pada sebuah lubang kecil yang bulat. Di antara lubang kelamin dan anus, ada kantung skrotum yang masih sulit untuk dilihat. Jika terlihat, bentuknya seperti benjolan dan terkadang sedikit gelap. Testis pada kucing ini tidak dapat terlihat dengan jelas, hingga umurnya mencapai 6 minggu.
Bentuk lubang dari kemaluan kucing betina dan jantan memiliki perbedaan. Dari perbedaan inilah jenis kelamin kucing dapat diketahui. Untuk anak kucing jantan, lubangnya berbentuk seperti lingkaran kecil. Pada kucing betina, lubang tersebut lebih mirip belahan celah yang pendek. Lubang kelamin untuk kucing jantan akan terlihat seperti dua buah titik (:). Sedangkan pada kucing betina, lubang tersebut tampak seperti sebuah tanda seru yang terbalik (i).
  • Memeriksa jarak lubang dan anus

Cara lain untuk membedakan anak kucing betina dan jantan adalah dengan memeriksa jarak lubang kelamin dan anus. Pada anak kucing yang jantan, jarak ini berkisar antara 1,5 hingga 2 cm. Pada daerah antara anus dan lubang ini bisa dirasakan adanya testis kecil. Sedangkan jarak antara lubang kemaluan dan anus pada kucing berjenis kelamin betina sangatlah dekat. Lubang kemaluan atau vulva tersebut terlihat seperti sebuah celah yang kecil.
Beberapa orang melihat warna bulu sebagai cara membedakan kucing jantan dan betina. Memang ada beberapa warna khas dari kucing betina yang jarang ditemui pada kucing jantan. Tetapi jika seekor kucing terlahir dengan jumlah kromosom ekstra, maka kucing tersebut akan memiliki jenis kelamin jantan dan warna bulu seperti betina. Karena itu untuk memastikan jenis kelamin kucing yang baru saja lahir, pemeriksaan lubang kelamin sangat diperlukan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel