Cara Membedakan Kura Kura Jantan dan Betina dari Ciri-Ciri Fisiknya

Kura-kura adalah salah satu jenis binatang yang kini populer untuk dipelihara. Bentuknya yang lucu membuat anak-anak sekalipun senang memelihara jenis binatang tersebut. Karena itu tidak heran banyak yang menjual kura-kura maupun mencoba mengembangbiakan binatang yang satu ini. Nah, jika Anda ingin mencoba mengembangbiakan kura-kura, tentunya Anda harus tahu bagaimana cara membedakan kura kura jantan dan betina. Hal ini penting agar Anda bisa mendapatkan indukan yang tepat.

cara beternak kura kura,cara membedakan kura kura darat dan air,cara membedakan kura-kura brazil jantan dan betina yang masih kecil,cara mengawinkan kura kura,ciri ciri kura kura bertelur,
Baca juga : Lipstik NYX

Perbedaan kura-kura jantan dan betina bisa dilihat dengan mudah dari ciri-ciri fisiknya. Pada kura-kura dewasa, cangkang atau plastron jenis kelamin jantan biasanya agak cekung ke dalam. Cangkang yang menutupi bagian bawah kura-kura ini pada jenis kelamin betina biasanya datar atau rata. Namun perbedaan ini tidak akan Anda temukan pada kura-kura yang masih muda karena belum terlihat jelas. Berikutnya, ciri-ciri fisik yang membedakan jantan dan betina adalah pada bentuk kuku kakinya.

Kuku kaki pada jenis kelamin jantan pada kura-kura biasanya meruncing dan panjang, lebih panjang dari jenis kelamin betina. Hal ini karena kuku kaki ini nantinya akan digunakan untuk mencengkeram kura-kura betina saat akan bereproduksi atau masa kawin. Cara membedakan kura kura jantan dan betina yang lain adalah lihat bagian ekornya. Sama seperti bagian kuku, ekor pada kura-kura jantan lebih runcing dan panjang dibanding yang betina. Sementara kura-kura betina memiliki ekor yang lebih tebal dan nampak kokoh. 

Beda kura-kura jantan dan betina tentunya sangat gampang ditemukan apabila Anda bisa melihat alat kelamin binatang tersebut. Alat kelamin kura-kura jantan akan menonjol apabila pada bagian ujung plastron di dekat ekor ditekan perlahan. Tonjolan alat kelamin jantan tersebut tidak akan Anda temukan pada jenis kelamin betina. Tapi ingat, tekan dengan hati-hati agar Anda tidak menyakiti kura-kura tersebut, terutama apabila kura-kura tersebut masih kecil, menekan plastron atau perut kura-kura terlalu keras bisa menyebabkan kematian.

Mengecek perbedaan jenis kelamin pada kura-kura sangat penting apabila Anda ingin memulai langkah pengembangbiakan jenis hewan tersebut, untuk usaha konservasi maupun komersial. Langkah berikutnya setelah bisa membedakan jenis kelamin tentu adalah mencari jenis indukan dengan ciri-ciri yang sehat dan sempurna, sehingga bisa dihasilkan anakan kura-kura yang sehat dan sempurna juga. Karena itu dalam memilih indukan harus ekstra hati-hati termasuk dalam proses breeding itu sendiri.

Cara membedakan kura kura jantan dan betina tidak sulit bukan? Namun sebagian besar cara diatas hanya bisa dilakukan ketika jenis binatang tersebut telah berumur cukup dewasa. Untuk membedakan jenis kelamin pada kura-kura muda jalan yang paling gampang adalah menemukan tonjolan alat kelaminnya. Namun jika Anda belum terbiasa sebaiknya tidak dilakukan, karena memang tidak boleh sembrono dalam mempraktekkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel