Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina Umur 1 Bulan Hingga 3 Bulan

Warna cerah, postur yang tegap dan suara kekekan yang merdu telah membuat Lovebird menjadi burung kesukaan banyak orang. Harga burung dengan paruh bengkok ini memang cukup tinggi. Karena itulah usaha untuk mengembangbiakan dengan membeli sepasang Lovebird betina dan jantan sering dilakukan. Saat membeli anakan ini, cara membedakan Lovebird jantan dan betina umur 1 bulan hingga 3 bulan sangat diperlukan. Adapun cara mengetahui Lovebird betina dan jantan pada usia dini dapat dilakukan dengan tehnik-tehnik berikut ini: 

bentuk paruh lovebird jantan dan betina,cara membedakan lovebird jantan dan betina anakan,cara meraba supit urang lovebird,ciri lovebird jantan dan betina birahi,ciri lovebird umur 3 bulan,
Baca juga : Nike Ori
  • Mengamati postur tubuh

Cara membedakan Lovebird jantan dan betina anakan dapat dilakukan dengan melakukan pengamatan pada postur tubuhnya. Burung Lovebird dengan jenis kelamin jantan, bentuk tubuhnya akan terlihat lebih ramping. Selain itu paruhnya juga terlihat lebih pipih dengan kepala dan leher yang simetris atau mungkin datar. Jika kita memperhatikan caranya berdiri, maka dada dari burung jantan ini akan terlihat lebih tegak. Sedangkan ketika bertengger, kakinya agak merapat.
Bentuk paruh Lovebird jantan dan betina memang agak berbeda. Jika pada burung jantan paruhnya terlihat pipih, maka burung betina memiliki paruh yang terlihat melebar. Selain itu ukuran badannya juga lebih besar dan tidak ramping. Selanjutnya perhatikan bagian leher. Burung betina seperti tidak memiliki leher karena ukuran lehernya sangat pendek. Sedangkan dadanya terlihat lebih lebar. Ciri-ciri lain dari Lovebird betina adalah posisi berdirinya yang tidak tegak serta mengangkang.
  • Memperhatikan tingkah laku

Cara membedakan Lovebird betina dan jantan lainnya adalah dengan memperhatikan tingkah lakunya. Lovebird jantan akan sering terlihat memanggut-manggutkan kepalanya. Diapun banyak bergerak untuk bisa mencuri perhatian induknya. Sedangkan Lovebird betina merupakan burung yang pendiam. Burung ini tidak terlalu banyak bergerak, walaupun terkadang aktif dalam membawa bahan-bahan sarang. Lovebird betina akan lebih senang masuk ke dalam glodok.
  • Meraba tulang supit

Banyak ahli burung yang meraba tulang supit sebagai cara membedakan Lovebird jantan dan betina umur 1 bulan hingga 3 bulan. Tulang supit yang terletak pada bagian bawah dubur ini, akan terasa keras, lancip dan rapat pada burung jantan. Sedangkan pada burung yang betina, tulang ini akan terasa lebih lunak, lebar dan tumpul. Pada Lovebird jantan, tulang supit berada lebih tinggi daripada tulang iga bagian bawah. Sedangkan pada betina, posisi tulang supit berada lebih rendah.
Cara membedakan Lovebird jantan dan betina umur 1 bulan hingga 3 bulan memang membutuhkan ketrampilan khusus. Tidak seperti membedakan Lovebird dewasa, membedakan jenis kelamin burung Lovebird pada usia dini memang lebih sulit. Masih terjadi perubahan cici-ciri yang memerlukan pengamatan lebih intensif. Misalnya saja pada tulang supit yang kondisinya masih mungkin berubah. Jenis kelamin burung ini bisa diketahui dengan lebih pasti ketika sudah berusia 4 bulan atau lebih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel