Gunakan Cara Membedakan Kayu Stigi Asli dan Palsu Dibawah Ini Agar Tak Tertipu

Kayu Stigi atau disebut juga Santiki, Mentigi, Suntigi dan lain-lain adalah sejenis kayu yang umumnya digunakan sebagai bahan membuat tasbeh. Jenis kayu stigi biasanya terdapat di pinggir-pinggir pantai. Namun karena sering diburu orang, jenis kayu ini semakin langka dan sulit ditemukan. Harga kau stigi pun melambung tinggi dan mulai banyak yang menjual stigi aspal alias asli tapi palsu. Cara membedakan kayu stigi asli dan palsu sebenarnya tidak sulit, karena jenis kayu ini memang sangat unik dan berbeda dari lainnya.

cara mengetahui kayu stigi asli,cara menggunakan kayu stigi,cara merawat kayu stigi,harga kayu stigi,kayu stigi seperti orang tersenyum,pantangan memakai kayu stigi,
Baca juga : Kura Kura

Perbedaan kayu stigi asli dan palsu bisa dilihat dari pertama, kayu tersebut bisa tenggelam atau tidak. Kayu stigi yang asli walaupun dalam bentuk serbuk kayu pasti akan tenggelam di air, tidak mengambang seperti jenis kayu lainnya. Hal ini karena massa jenis kayu stigi memang lebih rapat dan berat, sehingga tenggelam di air walaupun dalam bongkahan atau serpihan kecil. Kau jenis lainnya rata-rata akan mengambang karena massa jenis yang ringan. Karena itu untuk mengetes apakah kayu stigi tersebut asli atau tidak bisa dicek dengan menggunakan air.

Bedanya kayu stigi asli dan palsu selanjutnya adalah dari kemanfaatan atau keampuhannya. Kayu stigi selama ini dipercaya sebagai salah satu kayu dengan manfaat medis maupun magis. Manfaat kayu stigi secara medis adalah kayu ini dipercaya bisa menyedot bisa ular dan bisa binatang berbahaya lainnya dari bagian tubuh manusia yang tergigit atau terkena. Caranya cukup dengan menempelkan kayu stigi atau serpihan kayu stigi ke bagian yang terkena bisa. Pengobatan ini telah dipraktekan oleh orang-orang jaman dahulu.

Selain digunakan sebagai pertolongan pertama mengatasi bisa ular dan binatang berbahaya lainnya, rendaman kayu stigi juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit, contohnya sakit perut. Sementara itu, cara membedakan kayu stigi asli dan palsu juga bisa dilihat dari manfaat kayu stigi secara magis. Kayu ini dipercaya bertuah untuk menjaga keselamatan, mengatasi ancaman kekuatan hitam atau jahat, memberi kewibawaan dan sebagainya. Tentu hal ini hanya bagi mereka yang percaya. Maka tidak heran kayu ini banyak diburu dan dijual dengan harga tinggi.

Cara membedakan kayu stigi asli dan palsu sebenarnya bisa dilihat dari karakter serat kayunya. Serat kayu stigi sangat liat, keras dan padat. Hal ini salah satunya karena jenis pohon stigi sendiri memang tumbuh sangat lambat. Pohon stigi berumur 10 tahun diameternya hanya sekitar 5-10 cm saja dengan tinggi sekitar 2 meter. Pertumbuhan yang lambat ini mirip dengan jenis kayu keras lainnya seperti ebony atau kayu hitam yang merupakan kayu endemik Sulawesi Tengah. Untuk mencapai kayu dengan diameter cukup besar maka butuh waktu puluhan tahun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel