Inilah Cara Membedakan Gitar Yamaha Asli dan Palsu

Bagi para penikmat musik atau gitaris handal untuk mengetahui cara membedakan gitar Yamaha asli dan palsu adalah hal yang mudah. Cukup sekali lihat belum mendengar suaranya pun sudah tahu mana gitar Yamaha asli dan mana yang palsu. Gitar Yamaha memang terkenal dengan kualitasnya, baik itu secara bentuk maupun suara yang dihasilkan. Namun, maraknya beredar gitar Yamaha palsu saat ini mengharuskan seseorang untuk teliti sebelum membelinya. Walaupun secara suara gitar Yamaha sangat susah untuk ditiru, namun secara bentuk dan beberapa aksesoris lainnya telah banyak yang memalsukannya. 

gitar yamaha apx 500 custom,gitar yamaha apx 500 ii original,gitar yamaha asli murah,gitar yamaha c315 original,harga gitar yamaha f310 asli,harga gitar yamaha g 525 asli,
Baca juga : Herbalife Asli

Lantas bagaimana cara membedakan gitar Yamaha itu asli atau palsu? Berikut ini sedikit penjelasan untuk memilih gitar Yamaha yang benar-benar asli. Cara membedakan gitar Yamaha asli dan palsu yang pertama adalah dari nomor serinya. Setiap gitar keluaran atau produksi Yamaha memiliki nomor seri yang berbeda. Nomor seri ini bisa ditemukan di bagian dalam body gitar. Tepatnya di bawah pangkal fred terakhir. Biasanya nomor seri gitar asli Yamaha terdiri dari sembilan angka dan huruf. Dengan mengetahui nomor serinya, bisa juga dicek langsung di website resmi Yamaha. 

Jika mengetikkan nomor seri itu tidak muncul di website resmi Yamaha maka gitar tersebut adalah palsu. Yang paling mencolok dan membedakan gitar Yamaha asli dan palsu adalah adanya cap merek berbentuk oval landscape di dalam bodi gitar. Cap merek ini sangat terlihat karena tepat dibawah lubang resonansi. Berwarna cokelat terang, tulisan dalam cap merek ini pun cukup simple. Dalam cap merek itu hanya tertulis tipe gitar, tempat pembuatan dan tentunya produsennya yaitu Yamaha. Tidak terdapat tulisan lain, selain tiga hal tersebut. 

Saat ini banyak yang memalsukan gitar Yamaha namun memberikan cap merek dengan berbagai macam tulisan. Selanjutnya adalah memperhatikan finishing di gitar. Cara membedakan gitar Yamaha asli dan palsu yang ini memang harus jeli. Yamaha adalah produsen alat musik raksasa yang tidak mungkin menjual alat musik yang tidak sempurna terutama dalam hal finishing seperti pengecatan yang halus, pemasangan grip yang teratur, senar yang terpasang dengan baik dsb.

Sementara pada gitar palsu, salah satu hal yang sering luput dari perhatian adalah pemasangan grip yang tidak rapih. Jarak antar grip jika diukur tidak sesuai dengan standar. Dan yang paling tidak bisa ditiru oleh gitar Yamaha palsu adalah suara. Mengetahui gitar Yamaha asli dan palsu paling mudah adalah dengan mendengarkan suara. Karena suara tidak bisa bohong. Produksi gitar Yamaha asli memiliki suara yang lebih jerih dan khas. Telinga biasa (bukan pemusik) pun bisa membedakan mana suara yang lebih jernih dari gitar asli Yamaha dan dari gitar palsu. 

Untuk itu, sebaiknya Anda mencoba lebih dahulu dan mendengarkan suara aslinya sebelum memutuskan untuk membeli. Setelah itu, belilah di toko-toko musik terpercaya agar mendapatkan barang yang benar-benar asli. Ya, demikianlah tadi cara membedakan gitar Yamaha asli dan palsu paling mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel