Ketahui Cara Membedakan Emas dan Tembaga Secara Sederhana

Emas atau logam mulia merupakan salah satu logam mahal yang menjadi investasi tabungan bagi sebagian besar orang. Harga emas yang terus meningkat dari masa ke masa membuat investasi emas semakin diminati. Cara membedakan emas dan tembaga penting untuk Anda ketahui agar Anda tidak mendapatkan emas campuran atau emas palsu ketika berniat untuk membelinya. Logam mulia yang bernilai sangat tinggi ini banyak digunakan oleh wanita untuk mempercantik dirinya. 

cara membedakan emas asli dengan kuningan,cara membedakan emas putih asli dan palsu,cara membedakan emas putih dan perak,ciri ciri emas muda,emas asli jika dibakar,tes emas dengan cairan rumah,
Baca juga : Grow Up Asli

Artikel kali ini akan memberikan informasi kepada Anda tentang bagaimana cara untuk membedakan emas yang asli dengan emas yang palsu. Ada berbagai macam jenis emas yaitu emas putih dan emas biasa. Jenis-jenis emas tersebut sama-sama memiliki harga yang mahal. Jika Anda berpikir harga emas putih murah itu merupakan hal yang salah. 

Emas putih ternyata memiliki harga yang mahal seperti layaknya mas kuning. Banyaknya orang yang berniat untuk melakukan investasi emas membuat pihak-pihak yang nakal untuk membuat emas campuran bahkan emas yang palsu. Anda harus bisa membedakannya dengan baik agar tidak tertipu dengan ulah pedagang nakal tersebut.

Tips Sederhana Tentang Cara Membedakan Emas dan Tembaga

Cara membedakan emas dan tembaga bisa dilihat dari segi fisiknya secara langsung. Untuk emas yang asli, Anda akan melihat cap atau tanda yang menigindikasikan kadar dari emas tersebut. Ini adalah cara yang paling mudah yang bisa dilakukan bagi sebagian besar orang, terutama orang yang masih awam. Anda bisa mengecek ketersediaan tanda atau cap tersebut dengan menggunakan kaca pembesar. Tempat meletakkan cap pada setiap emas berbeda-beda dan ada pula cap yang diletakkan pada bagian yang cukup tersembunyi.

Berikutnya, Anda bisa membedakan emas asli dan palsu dengan cara menggoreskannya pada keramik atau pada kertas. Meskipun cara ini terbilang mudah, namun resiko dalam menggunakan cara ini adalah emas akan menjadi tergores. Anda bisa menggoreskannya pada kertas saja untuk mengantisipasi tergoresnya emas. Jika pada goresan emas tersebut ada noda hitam, Anda bisa memastikan bahwa emas tersebut adalah palsu. Selain itu, cara ini juga tidak mengharuskan Anda untuk menyediakan kertas yang bagus. 

Baca Juga Cara Membedakan:
Selanjutnya, Anda bisa menggunakan tes magnet untuk menguji apakah emas tersebut asli atau palsu. Uji magnet pada emas adalah salah satu cara efektif yang bisa digunakan untuk mengungkap emas. Jika Anda mendapati emas itu tertarik magnet dengan tarikan yang kuat, maka sangat dipastikan bahwa emas tersebut palsu. Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam membedakan emas yang asli dan palsu. Cara membedakan emas dan tembaga agar tidak mendapatkan produk yang asli terbaik adalah dengan membelinya di toko emas yang sudah terpercaya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel