Tahukah Anda Cara Membedakan STNK Asli dan Palsu??

STNK merupakan salah satu dokumen berkendara yang sangat penting. Anda harus membawa STNK setiap kali menggunakan kendaraan bermotor. Jaman sekarang, kendaraan bermotor sudah menjamur di Indonesia baik itu kendaraan roda dua maupun roda 4. Proses pembuatan STNK pun semakin antri dimana-mana dan membuat sebagian orang tidak teliti ketika membelinya. Cara membedakan STNK asli dan palsu perlu Anda ketahui, terutama bagi Anda yang membeli kendaraan dari tangan kedua atau yang mempercayakan proses beli kendaraan baru pada orang lain.

cara memalsukan stnk,cara membedakan bpkb motor asli dan palsu,cara membuat stnk duplikat,ciri ciri stnk duplikat,contoh stnk asli,jasa pembuatan stnk palsu,stnk asli data palsu,
Baca juga : CD Rom

Ciri STNK asli dan yang palsu memiliki beberapa perbedaan yang terdapat pada fisiknya. Anda yang akan membeli kendaraan dari tangan kedua harus berhati-hati ketika menerima STNK, terutama jika Anda membelinya dari orang yang belum Anda kenal sebelumnya. STNK bisa saja dipalsukan karena kendaraan yang dijual tidak memiliki surat-surat yang lengkap. Misalnya karena kendaraan tersebut kendaraan curian, atau pun karena STNK nya yang memang benar-benar hilang namun pemiliknya tidak jujur.

Tips dan Cara Membedakan STNK Asli dan Palsu

Anda yang belum tentang perbedaan dari STNK yang asli dengan yang palsu bisa membedakan dari ciri-cirinya berikut ini. Perbedaan mencolok yang bisa dilihat dari STNK palsu adalah menggunakan cetakan dengan tinta yang mudah luntur jika terkena air. Sedangkan untuk STNK yang asli, tinta dan kertas menggunakan bahan yang berkualitas sehingga tidak mudah luntur jika terkena air. Anda bisa mencoba untuk sedikit membasahi STNK ketika akan membeli kendaraan dari tangan kedua. Apabila dibasahi sedikit saja sudah luntur, maka tinggalkan saja meskipun harga yang ditawarkan menggiurkan.

Cara membedakan STNK asli dan palsu berikutnya adalah dengan mencari tanda hologram. Pada STNK asli, posisi hologram dari logo Polri berada di atas tulisan dari Cap STNK. Anda bisa mencermati hologram dengan baik-baik dan teliti. Hologram milik korps Polri sebenarnya susah untuk ditiru, terlebih lagi pada bagian logonya. Kemudian, Anda juga bisa membedakannya dari segi benang pengaman yang ada di dalamnya. STNK yang asli akan memiliki benang pengaman. Benang pengaman tersebut di desain menyerupai bentuk rajutan. 

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan adalah dengan melakukan pengecekan secara online. Dengan mengeceknya secara online, Anda bisa memastikan bahwa data yang terdapat di dalam STNK memiliki keterangan yang jelas dan nyata dari Samsat yang bersangkutan. Alamat untuk pengecekan online setiap daerah berbeda-beda dan Anda bisa menanyakan website pada samsat yang bersangkutan. 

Itulah beberapa tips dan cara membedakan STNK asli dan palsu. Selalu waspada dalam membeli kendaraan bermotor, selain mengecek kendaraan masih berfungsi dengan baik atau tidak, jangan lupa untuk mengecek kelengkapan dan keaslian surat-surat yang berkaitan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel