Apa Saja Perbedaan CD Rom dan CD RW?

CD merupakan salah satu benda yang diperlukan oleh banyak orang pada era sekarang ini. CD bisa digunakan untuk mengumpulkan tugas kuliah, untuk menyimpan dokumen, atau pun sebagai media yang banyak digunakan oleh fotografer dalam menyampaikan hasil gambar kepada pelanggannya. CD atau compact disk memiliki dua tipe yaitu CD Rom atau CD R dan CD-RW. Kedua CD ini sering digunakan banyak orang. Namun, ternyata banyak juga orang yang belum memahami perbedaan CD Rom dan CD RW.

cara memburning data ke cd,gambar diagram blok cd player,kapasitas cd r dan cd rw,pengertian cd-r dan cd-rw,perbedaan cd rom dan dvd rom,perbedaan cd rw dan dvd rw,perbedaan dvd r dan dvd rw,
Baca juga : Jam DW

Jika dilihat sekilas, CD Rom dan CD RW memiliki bentuk yang sama. Namun, kegunaan CD Rom dan CD RW ternyata berbeda. Apakah Anda sudah tahu tentang perbedaannya? Ketika Anda membeli Compact Disk di toko, pemilik toko mungkin akan menanyakan ingin membeli CD R atau CD RW. Jika Anda tidak tahu mau membeli yang sama karena beranggapan sama, mungkin Anda tidak akan mempertimbangkan ingin memilih yang mana. Dengan mengetahui perbedaan dari CD R dan CD RW berikut, Anda akan lebih mempertimbangkan lagi ketika membeli CD. Lalu, apa sajakah perbedaannya?

Beberapa Perbedaan CD Rom dan CD RW Yang Perlu Diketahui

Untuk mengetahui perbedaan CD Rom dan CD RW, maka Anda harus tahu tentang apa itu CD Rom dan CD RW serta kegunaan apa yang dimilikinya. Mari mulai dari CD Rom terlebih dahulu. CD Rom atau yang dikenal dengan CD R merupakan kepanjangan dari Compact Disk Recordable. Bentuknya pipih dan memiliki ukuran 120 mm dari bahan polikarbonat. Proses untuk memindahkan data dan menyimpannya dilakukan dengan cara burning data ke dalam CD R tersebut. Sifat data yang ada di dalamnya hanya bisa dilakukan sekali pengisian dan tidak dapat dapat digunakan layaknya flashdisk.

Itulah mengapa CD R sering disebut memiliki sifat Write Once Read Many atau hanya bisa digunakan sekali namun bisa dilihat berkali-kali. Jika Anda sudah menyimpan data di CD R, maka data tersebut tidak akan bisa dihapus lagi karena hanya sekali pakai. Perbedaan antara CD R dan CD RW sebenarnya mencolok pada bagian fungsinya. Inilah penjelasan dari CD RW. CD RW merupakan kepanjangan dari Compact Disk Recordable and Rewritable. Bahannya sedikit berbeda dengan CD R. CD ini terbuat dari perbaduan logam, indium, tellurium, dan beberapa bahan lainnya. 
Fungsi yang dimiliki CD RW adalah untuk menyimpan data dengan cara yang sama yaitu dengan burning data. Namun, Anda tidak hanya bisa melihat data tersebut saja. Anda bisa melihat berkali-kali, menghapusnya, dan mengganti data dengan data yang baru. Jadi, kegunaannya hampir seperti flash disk namun biasanya memiliki penyimpanan yang kecil. Harga dari CD R tentu lebih murah dibandingkan dengan CD RW. Itulah beberapa perbedaan CD Rom dan CD RW yang perlu Anda ketahui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel