Cara Membedakan Kenari Jantan Dan Betina Umur 2 Bulan Atau Lebih Muda

Trend memelihara burung Kenari semakin lama semakin meningkat. Burung ini memang imut, indah dan memiliki suara yang merdu. Kicauannya begitu khas, panjang dan nyaring. Jika ingin memelihara Kenari untuk mendengarkan nyanyiannya, sebaiknya anda memilih Kenari jantan dari pada betina. Kenari jantan memang lebih lebih aktif dalam berkicau. Cara membedakan Kenari betina dan jantan, sudah bisa dilakukan sejak usianya masih muda. Cara membedakan Kenari jantan dan betina umur 2 bulan atau lebih muda dapat dilakukan seperti berikut ini: 

 
cara membedakan kenari jantan dan betina yang masih muda,ciri ciri kenari jantan yang bagus,kenari jantan muda,perbedaan kenari jantan dan betina dari ekor,
Baca juga : Kolibri Ninja Jantan
  • Burung Kenari umur 3 hingga 5 hari

Pada burung Kenari yang baru berumur 3 hingga 5 hari, perbedaan antara burung yang berjenis kelamin betina dan jantan sudah bisa dilihat. Cara membedakan Kenari jantan dan betina yang masih muda ini dapat dilakukan dengan melihat bagian perutnya. Pada Kenari yang jantan, terlihat adanya pembuluh darah vena di perut, yang menjadi bagian dari saluran kelaminnya. Pembuluh vena ini akan terlihat menuju kloaka atau dubur. Pada Kenari berjenis kelamin betina, pembuluh vena ini tidak terlihat.
  • Burung Kenari umur 7 hingga 10 hari

Setelah umur kenari menginjak 7 hingga 10 hari, perbedaan fisik antara betina dan jantan sudah mulai terlihat. Cara membedakan Kenari jantan dan betina secara fisik dilakukan dengan memperhatikan warna bulu di bagian kepala. Untuk Kenari Jantan, bulu-bulu tersebut terlihat lebih cerah daripada yang betina. Perbedaan lain terlihat juga dari bentuk kepala. Kepala dari Kenari jantan terlihat lebih pipih dan untuk yang betina, nampak lebih bulat.
  • Burung Kenari umur 2 hingga 3 minggu

Setelah menginjak umur 2 hingga 3 minggu, perbedaan kicauan burung Kenari betina dan jantan sudah mulai terlihat. Kenari anakan yang berjenis kelamin jantan akan berkicau dengan lebih aktif daripada yang betina. Selain dari kiacauan, lompatan kedua jenis Kenari ini juga berbeda. Kenari jantan akan melompat dengan lebih tinggi daripada yang betina.
  • Burung Kenari umur 2 bulan
Setelah Kenari berumur lebih dari satu bulan, cara membedakan Kenari jantan dan betina umur 2 bulan sudah dapat dilakukan. Selain dari kicauan, lompatan dan bentuk kepalanya yang sudah berbeda, bentuk kloakanya juga dapat menjadi pembeda yang jelas. Pada Kenari Jantan, terlihat bentuk kloaka tersebut agak menonjol. Hal ini berbeda dengan Kenari betina yang kloakanya terlihat datar.
Cara membedakan Kenari jantan dan betina umur 2 bulan atau lebih muda memang sangat berguna untuk mendapatkan bibit Kenari yang memiliki kicauan aktif. Jika sudah dewasa, maka cara membedakan Kenari tersebut akan menjadi lebih mudah. Kenari betina dan jantan sudah dapat dibedakan dari bentuk tubuh maupun posisi matanya. Dengan pengamatan yang tepat, maka jenis kelamin burung Kenari dapat diketahui dengan benar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel