3 Cara Membedakan Itik Jantan dan Betina yang Paling Mudah

Itik atau bebek merupakan salah satu unggas yang sangat mudah untuk diternakkan dan sangat menguntungkan. Hal ini dikarenakan itik mempunyai banyak keistimewaannya, tidak hanya dagingnya yang bisa dikonsumsi tapi telurnya juga bisa dikonsumsi dan mempunyai nilai jual yang tinggi. Namun untuk Anda yang mau beternak itik harus mengetahui cara membedakan itik jantan dan betina. Untuk membedakan itik jantan dan betina bisa dilakukan dengan mudah bagi para peternak profesional. Lalu, bagaimana untuk Anda yang baru akan melakukan bisnis ternak itik?

cara membedakan bebek jantan dan betina dewasa,cara membedakan entok jantan dan betina,cara membedakan telur bebek jantan dan betina,ciri ciri bebek jantan dewasa,
Baca juga : Jalak Suren

Cara membedakan bebek jantan dan betina dewasa ataupun anak-anak bisa dilakukan dengan 3 cara, yaitu hand sexing, band sexing, dan voice sexing. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara membedakan itik jantan dan betina secara detail:
  • Hand Sexing

Salah satu cara yang paling mudah untuk menentukan jenis kelamin itik adalah dengan hand sexing. Cara ini merupakan cara yang paling efektif untuk para pemula untuk membedakan itik jantan dan betina. Untuk melakukan hand sexing Anda perlu memegang itik kemudian lihat bagian kloaka atau bagian anus itik. Ciri itik jantan dilihat dari kloakanya adalah mempunyai benjolan yang ada dibagian anu,snya. Sedangkan untuk itik betina tidak mempunyai benjolan. Dengan cara ini, Anda bisa membedakan itik jantan atau betina yang masih anakan.
  • Bend Sexing

Cara lainnya untuk membedakan itik jantan dan betina adalah dengan bend sexing. Bend sexing ini merupakan cara membedakan itik jantan dan betina dengan cara melihat tingkah lakunya. Cara ini dilakukan dengan melihat warna bulu halus dan bentuk paruh itik. Ciri-ciri bebek jantan dewasa adalah mempunyai bulu yang gelap dan kasar. Sedangkan bebek betina dewasa mempunyai bulu yang terang dan tipis. Selain itu, bulu pada bebek atau itik betina lebih lembut. Namun untuk melakukan cara ini Anda harus mengumpulkan banyak informasi.
  • Voice Sexing

Cara ini merupakan cara yang cukup mudah, hal ini dikarenakan Anda bisa membedakan itik jantan dan betina dengan mendengarkan suaranya. Suara itik jantan dan betina mempunyai ciri khas yang berbeda-beda. Itik jantan mempunyai suara yang lebih besar dan serak, sedangkan suara itik betina suaranya lebih nyaring tapi tajam. Untuk membedakan itik jantan betina dari suaranya diperlukan ketelitian dan ketajaman pendengaran yang tinggi. Untuk peternak itik pemula, sebaiknya sering-sering melakukan latihan dalam mendengarkan suara itik yang jantan ataupun betina.
Untuk Anda yang masih awam memang harus banyak belajar untuk cara membedakan itik jantan dan betina. Pengalaman memang salah satu guru yang sangat berharga termasuk dalam menentukan jenis kelamin itik. Oleh karena itu, bagi Anda yang baru akan memulai bisnis ternak itik ini harus banyak belajar agar bisa menentukan jenis kelamin itik secara akurat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel