Begini Cara Membedakan Pentet Jantan dan Betina Dengan Mudah

Apabila Anda baru pertama kali ingin memiliki burung Pentet dengan membelinya di pasar burung, tentu Anda ingin memiliki yang berjenis kelamin jantan karena memiliki suara lebih baik. Karena itu sebaiknya Anda tahu cara membedakan pentet jantan dan betina agar Anda tidak salah beli. Demikian juga jika Anda ingin mengembangbiakan jenis burung Pentet, bisa membedakan jenis kelaminnya serta memilih jenis indukan yang tepat dan sehat merupakan syarat utama sebelum menjalankan breeding.

cara memilih anakan cendet jantan,cendet betina,ciri anakan cendet kepala hitam,ciri cendet jantan madura,ciri cendet jantan yg bagus,ciri pentet jantan lolohan,pentet betina mp3,
Baca juga : Powerbank Xiaomi

Burung Pentet atau Cendet adalah salah satu jenis burung predator bertubuh cukup besar. Namun burung Pentet terutama yang jantan sangat piawai menirukan suara kicauan burung lainnya seperti suara kenari, cililin maupun ciblek. Maka tidak heran jika banyak penggemar burung yang menyukai jenis burung ini. Lalu bagaimana cara membedakan pentet jantan dan betina? Ternyata untuk membedakan jenis kelamin pada burung pentet gampang-gampang susah.

Pertama, perbedaan pentet jantan dan betina bisa diamati dari karakter suaranya. Suara burung pentet jantan lebih keras dan variatif, sementara burung betina lebih lemah dan monoton. Selain suara, perbedaan jenis kelamin juga bisa dilihat dari ciri-ciri fisiknya. Burung pentet dewasa memiliki bentuk kepala lebih pipih atau ceper dan sementara pentet betina cenderung bulat. Kemudian bagian paruh pentet jantan juga lebih tebal dari jenis betina. Apabila dilihat dengan seksama, warna bulu pada pentet jantan juga lebih hitam pekat, beda dengan betina yang lebih kusam.

Selain itu bagian supit pada pentet jantan dewasa lebih kecil dan memanjang beda dengan burung betina yang memiliki bentuk supit besar. Tak hanya itu, bulu pada bagian supit pentet betina juga lebih rapi menyerupai motif bunga. Beda pentet jantan dan betina ternyata juga bisa ditemukan dari perilaku jenis burung ini. Terutama pentet jantan terlihat lebih aktif dan agresif dalam segala hal dibandingkan betina yang cenderung kalem. 

Burung yang memiliki nama berbeda-beda di berbagai daerah ini sama seperti jenis burung lainnya, lebih mudah dibedakan jenis kelaminnya apabila sudah dewasa. Membedakan jenis kelamin pentet jantan dan betina yang masih trotol atau kanak-kanak cukup sulit, hal ini karena ciri-ciri fisik keduanya belum menonjol. Namun bukan berarti tidak dapat dibedakan sama sekali. Menurut yang sudah berpengalaman, perbedaan pentet jantan dan betina anakan bisa dilihat dari adanya titik hitam di bagian ekor terutama pada burung jantan. 

Selain mengetahui cara membedakan pentet jantan dan betina dewasa, jika Anda ingin mencoba mengembangbiakan jenis burung pentet atau cendet, maka Anda juga harus bisa menemukan jenis burung yang sehat. Burung pentet jantan dan dewasa yang bagus untuk dijadikan indukan haruslah burung yang sempurna, sehat secara fisik maupun siap secara mentalnya. Dengan demikian, peluang untuk mendapatkan jenis anakan berkualitas akan lebih besar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel