4 Cara Membedakan Nuri Pelangi Jantan dan Betina yang Paling Mudah

Burung nuri pelangi merupakan salah satu spesies burung nuri yang mempunyai warna bulu yang berwarna-warni. Jika burung nuri pada umumnya hanya mempunyai dua sampai tiga perpaduan warna, maka burung nuri pelangi ini mempunyai lebih dari 3 perpaduan warna. Nah, dalam pembahasan kali ini akan diberikan bagaimana cara membedakan nuri pelangi jantan dan betina yang paling mudah. Banyak pencinta burung yang masih belum mengetahui bagaimana untuk membedakan antara nuri pelangi jantan dan betina. Oleh karena itu, disini akan dibahas secara detail.

harga nuri pelangi,harga nuri pelangi 2015,makanan nuri pelangi,nuri dora,nuri pelangi bisa ngomong,perbedaan nuri jantan dan betina,perkici dora jantan dan betina,suara nuri pelangi,
Baca juga : Pentet Jantan

Cara membedakan nuri pelangi jantan dan betina ini bisa dilihat dari warna bulunya dan ciri fisik lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa cara untuk membedakan antara burung nuri pelangi jantan dan betina:
  • Lihat warna bulu dadanya

Untuk melihat perbedaan nuri jantan dan betina hal pertama yang bisa dilihat adalah warna bulu pada dadanya. Warna bulu dada pada burung nuri pelangi jantan mempunyai warna kuning tua yang lebih gelap. Hal ini terlihat berbeda pada burung nuri pelangi yang betina, nuri pelangi betina mempunyai warna bulu dada kuning tua yang agak memudar. Secara keseluruhan, burung nuri pelangi jantan mempunyai warna yang lebih gelap dibandingkan dengan burung nuri pelangi betina.
  • Lihat bentuk dadanya

Selain melihat warna bulu dadanya, Anda juga bisa melihat bentuk dada burung nuri pelangi jantan dan betina untuk membedakannya. Burung nuri pelangi jantan mempunyai dada yang lebih tebal dan tidak terlalu bulat. Sebaliknya, burung nuri pelangi betina mempunyai bentuk dada yang tipis dengan bentuk yang agak membulat. Anda bisa melihat perbedaan ini pada saat burung sedang bertengger.
  • Lihat bentuk kepalanya

Bentuk kepala burung nuri pelangi juga bisa dijadikan sebagai patokan untuk menentukan jenis kelamin burung ini. Kepala burung nuri pelangi jantan mempunyai bentuk yang menyerupai persegi, sedangkan burung nuri pelangi betina mempunyai bentuk kepala membulat. Anda bisa mengecek bentuk kepala burung nuri pelangi ini dengan cara memegangnya secara perlahan.
  • Lihat bagaimana cara makannya
Cara untuk membedakan burung nuri pelangi jantan dan betina juga bisa dilakukan dengan cara melihat bagaimana burung nuri tersebut makan. Makanan nuri pelangi jantan dan betina memang sama saja, namun ketika makan burung nuri pelangi jantan akan membusungkan dadanya sambil melompat mengambil makan. Sedangkan burung nuri pelangi betina tidak membusungkan dadanya.
Pesona burung nuri pelangi ini memang tidak hanya pada keindahan bulunya saja, tapi juga pada suaranya yang merdu. Tidak salah jika burung ini banyak dijadikan sebagai burung koleksi oleh para pencinta burung. Jika Anda ingin memelihara burung nuri ini untuk kembang biakkan ataupun hanya untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan, maka Anda harus mengetahui jenis kelaminnya. Dengan cara membedakan nuri pelangi jantan dan betina diatas tentunya akan sangat membantu Anda dalam memilih burung nuri Pelangi ini.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel