Cara Membedakan Iguana Jantan dan Betina Melalui Ciri Seksual Sekunder

Memelihara iguana menjadi sebuah hobi yang mengasyikkan sekaligus menantang. Tantangan ini akan berbeda ketika memelihara iguana dengan jenis kelamin yang berbeda pula. Akibatnya, banyak pemilik iguana yang menjadi sangat ingin tahu jenis kelamin dari hewan peliharaannya tersebut. Padahal cara membedakan iguana jantan dan betina hanya dapat dilakukan jika iguana sudah mencapai masa kematangan seksual. Sebelum masa itu, jenis kelaminnya akan sulit ditentukan. Kematangan seksual iguana tercapai saat umurnya berkisar antara 1,5 hingga 2 tahun. 

cara mengawinkan iguana,cara ternak iguana,ciri ciri iguana elsavador,ciri ciri iguana sakit,harga iguana merah anakan,iguana kawin,musim kawin iguana,umur iguana siap kawin,
Baca juga : Ikan Cupan

Ciri-ciri Iguana Berjenis Kelamin Jantan

Iguana jantan umumnya telah memiliki kematangan seksual saat ukurannya kurang lebih 10 inch. Saat itu beberapa ciri seksual sekundar mulai terlihat dan dapat digunakan sebagai cara membedakan iguana jantan dan betina. Salah satu ciri tersebut adalah adanya otot yang membesar pada rahang. Otot-otot yang tampak bengkak ini berada di kedua bagian sisi rahang sebelah bawah, tepatnya di bawah telinga. Otot ini menyebabkan rahang terlihat lebih lebar. 

Ciri-ciri lain yang terlihat pada iguana jantan dewasa adalah adanya timbunan lemak pada bagian dahi tepatnya di belakang mata. Lemak ini juga terlihat berada pada bagian atas telinga. Dengan munculnya lemak-lemak tersebut, maka ukuran kepala akan terlihat bertambah besar. Iguana jantan yang akan mengalami musim kawin iguana, juga memiliki pori-pori berukuran besar pada paha sebelah dalam. Pori-pori femoralis ini akan terisi dengan zat lilin. 

Iguana jantan dewasa tidak hanya memiliki ukuran kepala yang lebih besar dari betina, tetapi juga memiliki tubuh yang terlihat berbeda. Hal ini disebabkan oleh terbentuknya bagian dorsal pada punggung. Bagian ini terutama terlihat pada wilayah leher. Dengan demikian jantan dewasa akan menjadi lebih berat. Selain itu, dekat dengan pangkal ekor akan muncul tonjolan, tepat dibagian hemipenis.

Ciri-Ciri Iguana Berjenis Kelamin Betina
Iguana betina dewasa memiliki ciri-ciri seksual sekunder yang berbeda dengan iguana jantan. Perbedaan itu terlihat dari ukuran kepala yang lebih kecil. Iguana betina memiliki kepala yang terlihat berbeda dengan iguana jantan karena tidak terbentuknya otot pada rahang ataupun timbunan lemak di daerah dahi. Dengan demikian, rahang iguana betina dapat terlihat dengan lebih jelas. Perbedaan lainnya adalah tidak ditemukannya pori-pori membesar pada bagian paha yang mengandung zat lilin. Tubuh betina pun akan terlihat lebih ramping dari jantannya. 

Baca Juga Cara Membedakan:
Kematangan seksual iguana betina juga memiliki perbedaan waktu dengan yang jantan. Kematangan ini akan terjadi lebih lama, yaitu ketika iguana memiliki ukuran tubuh kurang lebih 12 inch. Setelah itu cara membedakan iguana jantan dan betina melalui ciri seksual sekunder baru bisa dilakukan. Dengan mengetahui jenis kelamin dari iguana yang dipelihara, perlakuan yang tepat saat musim kawin pun dapat dilakukan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel