4 Cara Membedakan Kura Kura Brazil Jantan dan Betina Dari Fisiknya

Kura-kura Brazil saat ini menjadi salah satu reptil yang banyak dipelihara. Hal ini dikarenakan kura-kura ini termasuk kura-kura dengan bentuk yang unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tidak salah jika banyak orang yang menyukai kura-kura. Namun tahukah Anda, bagaimana cara membedakan kura kura Brazil jantan dan betina? Banyak orang yang hanya asal memelihara hewan reptil ini tanpa mengetahui jenis kelaminnya. Oleh karena itu, dalam pembahasan kali ini penulis akan memberikan cara membedakan antara kura-kura Brazil jantan dan betina.

cara beternak kura kura,cara membedakan kura kura darat dan air,cara membedakan kura-kura brazil jantan dan betina yang masih kecil,cara mengawinkan kura kura,ciri ciri kura kura bertelur,
Baca juga : Louhan Jantan

Cara membedakan kura kura Brazil jantan dan betina dengan melihat bentuk fisiknya cukup mudah, Anda bisa mengenali jenis kelamin kura-kura dengan melihat anggota tubuhnya. Ada 4 anggota tubuh kura-kura yang bisa dijadikan sebagai pembeda antara kura-kura jantan dan betina. Keempat anggota tubuh tersebut yaitu:
  • Kuku kura-kura
Cara mengawinkan kura-kura tentunya Anda harus mengetahui jenis kelamin kura-kura tersebut. Nah, salah satu cara untuk membedakan antara kura-kura jantan dan betina bisa Anda lihat dari bentuk kukunya. Kuku kura-kura jantan mempunyai bentuk yang lebih panjang, sedangkan untuk kura-kura betina kukunya lebih pendek. Selain itu, kuku kura-kura jantan juga lebih tajam dibandingkan dengan kuku kura-kura betina.
  • Kloaka kura-kura
Cara untuk membedakan kura-kura Brazil jantan dan betina yang paling mudah adalah dengan melihat bentuk kloaka kura-kura. Kloaka ini merupakan lubang saluran kotoran kura-kura yang ada dibagian ekor kura-kura. Kura-kura Brazil betina mempunyai bentuk kloaka yang membulat, sedangkan kloaka kura-kura Brazil jantan bentuknya memanjang.
  • Cangkang kura-kura
Bentuk cangkang kura-kura jantan dan betina juga mempunyai perbedaan yang cukup mencolok. Ini merupakan ciri-ciri kura-kura darat dan air yang sangat mudah digunakan untuk melihat jenis kelamin kura-kura. Cangkang kura-kura jantan ukurannya akan lebih besar dibandingkan dengan cangkang kura-kura betina. Namun untuk membedakan jenis kelamin kura-kura melalui bentuk cangkang harus dilakukan pada saat kura-kura sudah memasuki usia dewasa.
  • Plastron kura-kura
Cara lainnya untuk membedakan antara kura-kura jantan dan betina juga bisa dilihat dari plastronnya. Plastron ini merupakan bagian bawah cangkang kura-kura, namun untuk mengecek plastron kura-kura Anda perlu berhati-hati. Hal ini dikarenakan kura-kura tidak akan merasa nyaman jika dipegang plastronnya. Bentuk plastron kura-kura Brazil jantan lebih cekung sedangkan untuk kura-kura betinanya lebih membulat.
Cukup mudah bukan, cara membedakan kura kura Brazil jantan dan betina ini? Nah, kura-kura Brazil ini termasuk kura-kura yang habitat aslinya adalah hutan. Oleh karena itu, pada saat memelihara kura-kura ini maka Anda harus membuat kandang yang hampir sama atau setidaknya mirip dengan habitat aslinya. Kura-kura Brazil termasuk kura-kura yang suka berjemur, sehingga Anda harus membuat kolam untuk kura-kura dengan area daratan yang terkena sinar matahari. Jika Anda memelihara kura-kura ini dalam kolam, maka jemurlah kura-kura setiap pagi hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel