Cara Membedakan Ikan Nila Jantan dan Betina Melalui Ciri Fisiknya

Ikan nila menjadi salah satu ikan yang cukup digemari masyarakat Indonesia. Ikan nila utamanya banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan untuk dikonsumsi. Selain karena rasanya yang enak, ikan nila cukup mudah dibudidayakan. Ikan air tawar ini banyak ditemukan di kolam atau tambak perikanan darat, seperti sungai. Waktu krusial untuk budidaya ikan nila adalah saat pemijahan atau musim kawin. Pada tahap ini pengetahuan cara membedakan ikan nila jantan dan betina sangat penting untuk memisahkan mana jantan yang sudah matang dan yang belum.

cara mengawinkan ikan nila jantan dan betina,ciri ciri ikan nila siap pijah,ciri ikan nila bertelur,morfologi ikan nila jantan dan betina,perbedaan ikan jantan dan betina secara umum,
Baca juga : iPhone 5

Lima Perbedaan Fisik Nila Jantan dan Betina

Banyak orang yang belum bisa membedakan mana nila jantan dan betina bahkan pada saat mendekati waktu pemijahan. Tentu ini hal yang harus diwaspadai. Secara singkat, cara membedakan ikan nila jantan dan betina bisa Anda lihat pada ulasan berikut:
1. Alat kelamin
Dilihat dari alat kelaminnya, nila jantan memiliki bentuk alat kelamin yang meruncing, sedangkan nila betina alat kelaminnya berbentuk oval atau membulat. Pada nila betina, jika dipijat alat kelaminnya secara halus, akan mengeluarkan cairan sel telur.
2. Lubang urogenital
Jika Anda melihat bentuk lubang urogenitalnya, pada nila jantan memiliki dua buah lubang urogenital, yaitu berfungsi sebagai anus, dan lubang pengeluaran sperma. Sedangkan pada nila betina memiliki tiga buah lubang urogenital, fungsinya sebagai lubang dubur, lubang pengeluaran telur, dan pengeluaran urin.
3. Bentuk fisik
Untuk ukuran dan bentuk fisik, cara membedakan ikan nila jantan dan betina salah satunya adalah bentuk fisik nila jantan yang lebih langsing, ramping, dan memanjang. Sedangkan pada nila betina, bentuk fisiknya bulat dan pipih. Bentuk bulat pada nila betina ini kemungkinan disiapkan untuk menampung sel telur yang banyak sebelum dikeluarkan pada saat pembuahan eksternal.
4.Bagian perut
Lebih spesifik, cara membedakan ikan nila jantan dan betina bisa dilihat dari bagian perut. Nila jantan memiliki bagian perut yang berwarna hitam hingga kemerahan. Sedangkan pada nila betina, perutnya berwarna putih. Disamping itu juga bisa diamati pada warna dagu. Pada nila jantan, warna dagunya hitam mengkilap. Sedangkan pada nila betina, warna dagunya putih.
5. Kelincahan gerakan
Kita bisa mengetahui cara membedakan ikan nila jantan dan betina dilihat dari kelincahan gerakannya. Pada nila jantan, terlihat gerakannya lebih gesit dan agresif ketika berenang. Sedangkan pada nila betina, gerakannya cenderung lambat dan kalem.
Itulah setidaknya 5 langkah bagaimana cara membedakan ikan nila jantan dan betina jika dilihat dari bentuk fisik dan karakteristik gerakannya. Anda bisa mencoba mengamati di kolam budidaya terdekat. Bisa mulai dengan mengamati bentuk alat kelamin terlebih dahulu. Itulah yang paling mudah untuk diamati. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel